Jual Burung Kontes Cukup Menjanjikan, Per Hari Transaksi Bisa Jutaan Rupiah



KISARAN- Penjualan burung kontes cukup menjanjikan. Bahkan dalam sehari nilai transaksi jual burung untuk kontes mencapai puluhan juta rupiah.
Hal ini dikatakan salah seorang pengusaha burung Mona Bird Shop yang berada di Jalan Sisingamangaraja No. 398 Kisaran Barat.

Salah seorang pengusaha burung Raymon Hermes Situmorang (32) yang telah berpengalaman dalam hal mengikuti beberapa event burung kontes di Asahan maupun di luar Asahan. Bahkan beberapa piala terpampang di toko tersebut menandakan kalau ia telah beberapa kali menyabet juara umum untuk single fighter seperti piagam dari Kalimantan tahun 2005 tepatnya di Pontianak dan piagam juara umum tahun 2008 di Kisaran single fighter yang digelar dikompleks Bakrie Sumatera Plantations Kisaran.


 Raymon yang merupakan warga Air Joman, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan saat disambangi koran ini mengatakan, penjualan burung untuk kontes perlombaan cukup banyak peminatnya. Soal harga tidak menjadi halangan yang penting soal kualitas burung tersebut yang menjadi patokan terjadinya nilai jual burung itu sendiri.

Burung kontes yang diperjual belikan itu, murai batu, Love bird, kacer, kenari, murai daun, kapas tembak, robin, dan lain-lainnya. Burung–burung inilah yang menjadi  idola bagi para penggemar berat burung kontes. Sehingga kalau burung tersebut sudah jadi, nilai jualnya sulit untuk diucapkan. Pasalnya harganya relatif, karena nilai harga ditentukan dengan kepuasan para peminat burung itu sendiri.

Selain menjual beberapa burung-burung kontes, pihaknya juga mengaku menjual ayam mas, golden pishen, Kucing Persia dan burung-burung import, Afrika Grace, Sokoner, Kakak Tua Katela yang dimport dari luar yang didatangkan melalui importer dari Medan.

 “Selain itu kita juga menjual obat-obatan spesialis burung dan makanannya dari berbagai merek terkenal, serta pakan ternak,” beber pengusaha burung jebolan Sarjana Komunikasi dari Jakarta ini.

Kecintaan memelihara burung awalnya, saat usai meluluskan kuliah sarjana Komunikasi di Jakarta. Saat itu ada seorang teman yang mengajaknya melihat kontes burung. Selang beberapa saat kemudian ia mulai tergerak menyukai dan ikut terjun dalam berbagai kegiatan kontes burung sehingga merebut beberapa gelar juara umum untuk tingkat Asahan dan luar Asahan.

Saat disinggung pelanggan pencinta burung, Raymon, mengatakan pelanggannya datang dari Asahan, Batubara, Tanjungbalai, Pematangsiantar,  Rantauprapat, Brastagi, bahkan ada yang datang dari Duri Riau. Per hari transaksi nilai jual burung bernilai jutaan rupiah.

Selain itu ia juga menjual sangkar burung mulai dari yang paling murah dengan nilai harga Rp300 ribu sampai Rp5  jutaan.

Bagi peminat burung kontes dan hewan peliharaan lainnya tidak salah kalau anda dapat menyambangi toko burung Mona Bird Shop yang berada diinti Kota Kisaran tepatnya di Jalan Sisingamangaraja No. 398 bersebelahan dengan kantor PAN Asahan, mungkin inspirasi memelihara hewan burung dan peliharaan lain dapat menambah inspirasi baru untuk kesibukan dirumah. (mar/syaf)