Mantap, Anak Asahan Juara I Lomba Lompat Jauh Tingkat Nasional


KISARAN- Andre Wiraguna, siswa Kelas XII SMAN 2 Kisaran menjadi juara I Lompat Jauh Tingkat Nasional pada kejuaraan O2SN (Olimpiade Olah Raga Sains Nasional) tahun 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 23 Juli sampai 31 Juli lalu, di Stadion Universitas Indonesia (UI) Jakarta.


Torehan prestasi yang mengangkat nama Sumut pada cabang atletik lompat jauh diraihnya dengan kerja keras. Ditemui di sekolahnya di SMAN 2 Kisaran, Sabtu (13/8), anak ke-4 dari 5 bersaudara dari pasangan Samaun dengan Masnidar Siregar ini menceritakan, ia sudah berlatih lompat jauh sejak masih duduk di bangku SMPN 6 Kisaran.

Tapi selama itu pula ia tak pernah ikut lomba. Baru pada Tahun 2015, ketika ia duduk di Kelas XI  SMAN 2 Kisaran, ia menjadi salah seorang utusan mewakili Sumut ke Makasar. Setelah berhasil menjuarai O2SN di tingkat kabupaten dan provinsi.

“Namun saya hanya berada pada peringkat ke-7 pada kejuaraan O2SN tahun 2015 yang digelar di wilayah bagian Timur Indonesia itu,” katanya.

Pecinta olahraga atletik lompat jauh dan sepak bola ini mengaku tak pernah patah arang dan terus berlatih di bawah bimbingan guru olah raganya, Junaedi dan Rizcy Hidayat. Ketika even besar O2SN tahun 2016 kembali digelar, ia diberi lagi kesempatan mewakili Provinsi Sumut.

“Pada cabang atletik lompat jauh pada kejuaraan O2SN tahun 2016 kemarin, saya berhasil menyisihkan sejumlah peserta dan berhasil pada urutan pertama dan terjauh lompatannya yaitu 6,46 meter dan diikuti I Wayan Adiansyah 6,37 meter dari Bali dan Reza Musairi 6,35 dari Kepulauan Riau (Kepri),” ujarnya.
Ditanya, kenapa tertarik dengan lompat jauh.

“Awalnya coba-coba melakukan lompatan di kampung, lalu saya merasa lompatan saya jauh. Seterusnya, ketika di bangku SMP, saya ikut berlatih mempelajari teknik lompat agar lompatan saya sempurna. Dari situ saya merasa aman pada cabang atletik dan terlebih saat latihan. Guru pembimbing di SMP mendorong saya agar menggeluti lompat jauh karena prestasi saya sangat menonjol di sini (lompat jauh),” jawab Andre yang tinggal di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Sei Dadap, Asahan ini.

Andre yang anak karyawan PTPN 4 ini berujar setelah lulus dari SMA nanti bercita-cita masuk Akmil.
“Mana tahu saya berhasil masuk Akmil, maka saya pasti ikut dalam bela negara. Selain itu, niat jadi tentara telah muncul sejak kecil,” tambahnya.

Sementara Kepala SMAN 2 Kisaran Syahruddin Lubis SPd MM ketika diminta tanggapannya atas prestasi anak didiknya menyatakan bangga karena Andre telah berhasil juara I O2SN. Selain dapat mengharumkan nama sekolah dan diharap menjadi motivasi bagi siswa lainnya dan termasuk adik-adik kelasnya.

Sebagai Kepala Sekolah sebut Syahruddin, ia juga berterima kasih kepada rekan-rekannya sesama guru dan terlebih kepada guru olah raga karena para guru, maka Andre dapat meraih prestasi tingkat nasional pada kejuaraan O2SN tahun 2016 yang telah digelar Juli lalu itu. (syaf/int)

Subscribe to receive free email updates: