Ratusan Sepeda Hias Meriahkan Car Free Day


KISARAN – Ratusan sepeda hias hasil kreatifitas pelajar meriahkan hari bebas berkendara (car free day) yang dilaksanakan setiap hari Minggu. Dalam pelaksanaan car free day ini, Pemerintah Kabupaten Asahan (Pemkab) juga memberikan rangsangan kepada masyarakat dengan menyiapkan lucky draw dan puluhan hadian menarik lainnya.

"Hari Minggu ini (5/3), dimeriahkan dengan lomba kreativitas sepeda hias yang diikuti ratusan pelajar se kota Kisaran. Tujuannya untuk merangsang masyarakat supaya datang ke acara car free day ini. Selain beraktivitas olahraga, juga bisa dijadikan ajang silaturahmi masyrakat,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Asahan Rahmad Hidayat Siregar kepada wartawan.

Hidayat mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu visi misi Pemkab Asahan, yakni mewujudkan masyarakat Asahan Sehat, gagasan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang. Untuk itu Pemkab Asahan terus mengupayakan agar ini semakin ramai dimanfaatkan masyarakat untuk berolah raga dan berkreativitas.

"Melalui kegiatan ini masyarakat diharapkan semakin rajin berolah raga sehingga tetap sehat," kata Hidayat kembali.

Mantan camat terbaik Sumut ini juga menyebutkan bahwa kegiatan ini juga merupakan sarana silaturrahim bagi masyarakat. Diharapkan hubungan kekerabatan antara sesama masyarakat Asahan dapat terjalin dengan baik tanpa membeda suku, adat, ras dan agama.

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat menyatukan masyarakat Asahan tanpa melihat bagaimana status ekonominya, suku atau apa agamanya. Semua bisa menikmati dan berbaur di sini," katanya.

Pantauan wartawan, ribuan masyarakat tampak memadati kawasan car free day yang diberlakukan sejak pukul 06.00WIB. Diantaranya, tampak ratusan sepeda yang sudah dihiasi aneka bentuk, seperti burung Garuda, mobil tank dan bentuk lainnya, tampak hilir mudik di kawasan car free day Jalan Sudirman mulai dari depan kantor Bupati Asahan sampai kawasan pabrik benang Kelurahan Sidodadi.

Peserta sepeda hias ini didominasi oleh pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) itu tampak antusias dan begembira, sambil menunggu pengundian nomor (lucky draw) untuk mendapatkan ratusan hadiah, terdiri sari 30 sepeda yang telah disiapkan panitia dan 30 sepeda tambahan dari Taufan dan hadiah hiburan lainnya.

Aji Prasetio, salah seorang pelajar kelas V SD saat ditemui wartawan mengaku sangat senang dan gembira datang ke acara CFD itu dengan ditemani orangtuanya. Ia merasa puas bisa bermain sepeda dijalan sepuasnya, sambil menyaksikan kegiatan aneka kesenian yang disuguhkan.“Senang, disini banyak teman teman bermain sepeda,” katanya. (per/syaf) 

Subscribe to receive free email updates: