Tiga Tersangka Pencuri Kerbau Diringkus


PALUTA- Polsek Sosopan berhasil mengungkap kasus pencurian hewan ternak yang belakangan marak terjadi. Dan, tiga warga ditangkap karena diduga terlibat pencurian dua kerbau di Desa Batu Pulut, Kecamatan Batang Onang, Paluta, Selasa (21/3) lalu.

Kapolsek Sosopan AKP Bantu Sihombing mengatakan, ketiga tersangka yang diamankan yaitu Amal Siregar (46) warga Desa Simaninggir, Ahmad Harahap (47) warga Desa Padang Garugur dan Talian (41) warga Desa Batu Pulut.





Ketiganya berhasil ditangkapsetelah melakukan penyelidikan dan berdasarkan keterangan saksi. Dan mengaku telah melakukan pencurian dua kerbau milik warga. "Ketiganya kita tangkap dengan barang bukti dua kerbau,"sebutnya, Kamis (23/3).

Sihombing menceritakan, penangkapan ketiga tersangka bermula dari laporan warga atas nama Ali Wardana (37) warga Desa Padang Garugur, Kecamatan Batang Onang, Paluta sesuai dengan nomor pengaduan LP/02/II/2017/Ts/TPS.Sosopan pada 8 Maret lalu.

Dari laporan tersebut, terlapor mengaku telah kehilangan dua ekor kerbau yang hilang dari 'Jalangan' di Saba Huraba Desa Batu Pulut. "Untuk kejadiannya pada tiga maret lalu, dan baru dapat kita ungkap. Selain tersangka, hewan ternak jenis kerbau juga berhasil didapat," terang Kapolsek. 

                                          
Untuk modus operandinya, ketiga tersangka sengaja menjerat dua ekor kerbau milik pelapor yang ditinggal di 'Jalangan' Saba Huraba dengan menggunakan tali nilon. Dan rencananya mau dijual kembali.

"Untuk modusnya, ketiganya bekerjasama melakukan pencurian dengan cara menjerat kerbau menggunakan tali nilon, lalu dibawa dan berencana akan dijual," terangnya.

                                               

Ketiga tersangka, saat ini masih berada di Polsek Sosopan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian.

"Kita mengimbau kepada warga untuk tidak meninggalkan serta menjaga hewan ternakyang berharga agar terhindara dari niat dan kesempatan yang mengundang untuk melakukan kejahatan," pungkasnya. (yza)


Subscribe to receive free email updates: