26 Anak Keracunan, Pedagang Siomay Diperiksa


SIDIMPUAN-Pihak kepolisian Polres Madina masih mendalami kasus yang membuat 26 anak-anak karacunan usai mengkonsumi siomay. Bahkan pedagang siomay berinisial P (26) sudah diperiksa.




Itu dikatakan Kapolres Madina AKBP Rudi Rifani, Sabtu (13/5) sore. Pihaknya juga telah mengambil sampel makanan untuk memeriksa benar atau tidaknya dugaan makanan yang membuat korban keracunan.

“Sudah beberapa yang kita mintai keterangan. Belum bisa kita sebutkan, benar gara-gara siomay. Tapi kami akan terus mengusutnya,” kata Rudi.

Dalam kasus ini, Rudi mengaku, penyidik telah memintai keterangan pedagang siomay. Menurutnya, pagi itu, ia membuka tiga tempat penjualan siomay.

“Ada tiga tempat jualannya,” kata Rudi.

Sampai hari ini, ada sebagian, korban dibawah pulang keluarganya dan sebagian lagi masih dalam perawatan di rumah sakit.

“Ada 7 orang anak yang kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Panyabungan,” terangnya.

Saat ini sebanyak 19 anak kondisinya telah membaik dan telah dibawa pulang orangtuanya. Sedangkan sisanya masih dirawat di rumah sakit. Atas kejadian tersebut, pihaknya telah mengamankan penjual jajanan siomay tersebut dan menyelidiki kasusnya.

“Barangbukti siomay telah diperiksa labfor, penjualnya P (26) telah diamankan,” imbuhnya. Terpisah Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa makanan dan minuman serta kain sarung kepada para korban.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 26 anak-anak Kabupaten Mandailing Natal (Madina), keracunan usai menyantap siomay. Anak-anak tersebut mengalami mual dan muntah-muntah setelah menyantap makanan tersebut.
"Keracunan jajanan siomay. Korban terdiri dari anak-anak," kata Kapolres Madina AKBP Rudi Rifani, Sabtu (13/5).

Rudi mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (12/5) sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu, korban membeli jajanan siomay. Berselang sekitar dua jam kemudian, mereka mual dan muntah.

"Terus korban dibawa ke bidan. Karena banyak, diarahkan ke puskesmas di Kecamatan Muara Sipongi. Oleh dokter diberi pengobatan. Kemudian, 7 orang dirujuk ke Rumah Sakit Panyabungan," ujarnya.

Menurut Rudi, sebanyak 19 korban sudah kembali ke rumah masing-masing setelah kondisi kesehatannya membaik. Sedangkan 7 korban lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit di Panyabungan.

"Tadi malam yang 19 orang sudah kembali ke rumah, kondisinya sudah membaik. Untuk yang 7 orang masih dalam perawatan," ucap Rudi.

Polisi yang melakukan penyelidikan kemudian menangkap penjual siomay tersebut. Polisi menyebut penjual siomay itu seorang pria berinisial P (26).

"P sudah kita amankan tadi malam dan kita mintai keterangan. Sementara, untuk barang bukti (siomay) kita tunggu hasil labfor," kata Rudi.

Informasi diperoleh, polisi tengah mendalami kasus keracunan makanan siomay yang dialami 26 anak di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Sejauh ini, penjual siomay berinisial P (26) sudah diamankan petugas kepolisian.

Anak-anak tersebut mengalami mual dan muntah setelah menyantap jajanan siomay pada Jumat (12/5/2017) siang. Dari ke-26 korban, 19 anak sudah kembali ke rumah setelah kondisi kesehatannya membaik. Sedangkan 7 anak-anak lainnya masih dalam perawatan medis.

"Kita koordinasi dengan kepala rumah sakit. Kita juga memberikan bantuan kemanusiaan berupa makan malam dan minuman serta sarung," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting, Sabtu (13/5).

Rina menerangkan pihak puskesmas setempat masih terus memantau kondisi korban keracunan ini. Sedangkan barang bukti yang dipakai penjual sudah diamankan polisi.
"Saksi-saksi kita periksa," ucap Rina. (syaf)
.



TABEL Nama yang Keracunan
Korban yang dirujuk ke RSUD Panyabungan:

1. Didi Ismail (5)
2. Mahdi (6)
3. Ummi (4)
4. Difa (3)
5. Putra (4,5)
6. Vera Indah (2)
7. EGI(6)

Korban yang Sudah Pulang ke Rumah:

1.Yusnita (6)
2. Salsa (7)
3. Anita (5)
4. Vita (5)
5. Sri wahyuni (6)
6. Pardi (7)
7. Dika (8)
8. Naila (2)
9. Eka (2)
10. Dilla (6)
11. Suwita (6)
12. Erida (4)
13. Aji (3)
14. Adriansyah (4)
15. Fauzan (7)
16. Fauzia (4)
17. Nelma (17)
18. Rizky Afriansyah (4)
19. Ummi Salamah (5)