3 Balita dan Ibunya Ditangkap Petugas Bea Cukai


Gagal ke Malaysia untuk jadi TKI 

ASAHAN- Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai-Asahan berhasil menggagalkan keberangkatan 11 tenaga kerja Indonesia (TKI) dengan menggunakan jalur ilegal. Dari 11 TKI yang diamankan tiga diantaranya balita dan seorang warga Negara asing. Mereka diamankan dari pelabuhan tikus di Kuala Sei Silo, Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan saat menuju Malaysia.

Kapal penyelundup TKI ilegal yang gagal ke Malaysia setelah diamankan petugas Bea Cukai.



Danlanal Tanjungbalai Asahan Letkol Laut P Bagus Badari Amrullah, melalui Pasi Intel Kapten Laut E Samsul Rahmad Hidayat saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (31/5) membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya pihak Lanal telah mengamankan 11 penumpang yang terdiri dari 9 orang dewasa 3 orang balita termasuk pria seorang imigran asal Bangladesh dan tiga orang anak buah kapal (ABK).

“Mereka berangkat dengan menggunakan kapal motor milik nelayan tradisional, Selasa, (30/5) sekitar pukul 15.00 WIB, namun rencana itu diketahui oleh petugas dan petugas berhasil menggagalkan keberangkatan mereka,” ujar Samsul Rahmad.

Mendapat petunjuk adanya keberangkatan TKI illegal, selanjutnya tim Patkamla Sea Rider Lanal Tanjungbalai Asahan melakukan patroli terbatas dan mencurigai sebuah kapal motor tanpa nama yang dibawa oleh tiga orang ABK warga Tanjungbalai, hingga dilakukan penggeledahan dan ditemukan penumpang dengan tujuan Malaysia.

 “Pada saat dilakukan pemeriksaan kapal dan  menemukan penumpang TKI ilegal berjumlah 11 orang,  3 orang laki-laki, 5 orang peerempuan dan 3 orang balita. Selanjutnya kapal ditarik menuju Posamla Bagan Asahan untuk menjalani pemeriksaan,” ujarnya.

Setelah kapal mereka digagalkan berangkat menuju Malaysia dan disandarkan ke markas Lanal Tanjungbalai Asahan, 11 orang tenaga kerja illegal ini selanjutnya diperiksa dan diserahkan ke Imigrasi Tanjungbalai, sedangkan tiga orang ABK diproses oleh Lanal TBA. (syaf)


Daftar Nama TKI yang Diamankan
1. Marianus Asuk (28) warga Sanleo Kecamatan Malaka Timur Kabupaten Malaka
2. Sunasin (37) warga Lestari Kota Kisaran Timur
3. Irma Hadi (31) warga Air Joman
4. Oktavianus Nahak (29) warga Kupang NTT
5. Tiurlina Br Tobing (50) warga Mardinding Kabupaten Karo
6. Yenis Yusrika (39) warga  Kota Tanjungbalai
7. Ina (40) warga Kabupaten Rokan Hilir
8. Muhammad Ilham (4) anak dari Ina
9. M. Irham (2) anak dari Ina.
10. Muhammad Noah (1) anak dari Yeni Yusrika
11. Mohammad Rasel (29) warga Banglades.