Horeee, Tanjungbalai Sudah Miliki Mobil Pembersih Jalan

TANJUNGBALAI -Dinas Kebersihan Kota Tanjungbalai mulai mengoperasikan mobil penyapu jalan atau street sweeper untuk membersihkan jalan-jalan di inti kota dari tumpukan pasir.

Mobil penyapu jalan yang dibeli Pemko Tanjungbalai 
untuk membersihkan jalanan dari debu dan pasir.



Walikota Tanjungbalai M Syahrial SH MH langsung memimpin pengoperasian perdana atau lounching mobil penyapu jalan tersebut di depan Rumah Dinas Walikota Tajungbalai, Jumat (26/5).

Walikota Tanjungbalai M Syahrial mengatakan bahwa pengadaan mobil pembersih jalan atau street sweeper tersebut adalah jalan keluar untuk membebaskan jalan-jalan di inti kota dari pasir dan debu. Selain itu, mobil tersebut juga sekaligus akan membantu tugas dari para penyapu jalan di jalan-jalan protokol.

"Pembelian mobil penyapu jalan ini adalah untuk mempercepat proses pembersihan jalan-jalan di inti kota dari pasir dan debu yang akhir-akhir ini sudah sangat meresahkan. Selain itu, dengan dioperasikannya mobil pembersih jalan ini juga nantinya akan membantu tugas dari para penyapu jalan dalam membersihkan jalan-jalan protokol," ujar Walikota M Syahrial.

Pada kesempatan itu, Walikota juga mengungkapkan, bahwa walaupun baru satu unit, namun Kota Tanjungbalai adalah satu-satunya daerah tingkat dua di Sumatera Utara yang telah menggunakan mobil pembersih jalan atau street sweeper walaupun. Oleh karena itu, Walikota juga menegaskan bahwa mobil tersebut setiap harinya harus disimpan di gudang yang ada di Rumah Dinas Walikota sehingga pemeliharaan maupun operasionalnya dapat terkontrol.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Kota Tanjungbalai H Harmeini dalam laporannya mengatakan bahwa mobil pembersih jalan tersebut dibeli dengan dana sebesar Rp2,8 miliar berkapasitas tampung 2.500 liter sampah.

Katanya, dengan kemampuan menyapu sampah sepanjang 15 km jalan per jam, mobil street sweeper tersebut akan bekerja selama 4 - 6 jam setiap harinya.


Pengoperasian perdana mobil pembersih jalan tersebut juga ditandai dengan pembukaan selubung berupa kain putih, pemecahan guci serta penempelan stiker logo Pemko Tanjungbalai pada dinding mobil street sweeper oleh Walikota Tanjungbalai. (syaf)

Subscribe to receive free email updates: