Mencoba Berbagi Pengalaman Belajar Bermain Drum Secara Ringkas (bag 1)

Pahami Cara Menghitung Ketukan Drum

Setiap orang pasti tahu yang namanya drum. Ya alat musik ini adalah salah satu alat musik yang paling populer dan terdapat tuntutan yang tinggi untuk dapat memainkannya.

Teknik dan keterampilan yang sederhana dalam memainkan drum dapat dipelajari dengan sangat cepat. Namun, butuh latihan dan dedikasi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun agar
Anda dapat memainkan drum layaknya seorang profesional. Dengan terbiasa berlatih, Anda dapat mempelajari ritme dan hal-hal yang penting, hingga Anda mencapai tahap mempelajari ritme dan pola yang sulit ketika memainkan drum.

Dalam bermain drum anda perlu mempelajari cara menghitung ketukan.
Banyak cara untuk menghitung bar pada lagu, tetapi untuk permulaan, mari bahas soal ketukan 4/4. Ketukan 4/4 adalah terdapat 4 ketukan di setiap bar. Ketuk 4 artinya ketukan dalam jeda waktu yang sama dengan satu tangan Anda, ketukan ini disebut seperempat ketuk.

Saat Anda mempelajarinya yang penting adalah Anda dapat mempertahankan ritme Anda, Anda dapat mempelajari apa yang Anda mainkan, dan Anda dapat mengembangkan perasaan akan ketukan yang lebih sulit.

Latihlah downbeat Anda:
Teruslah mengetuk dengan kedua tangan Anda. Namun, kapan pun Anda mengatakan “Satu” atau “Tiga”, ketukan kaki kanan (atau kiri) Anda. Hal ini disebut dengan downbeat, dan ketukan ini akan Anda lakukan pada bas di drum.

Saat ini Anda sedang memainkan ketukan drum sederhana musik rock! Mempelajari drum terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu: ritme dan teknik. Tanpa peralatan drum, Anda dapat mempelajari ritme tetapi tidak dapat mempelajari teknik.

Dengan mempelajari semua hal mengenai ritme dan mengembangkan perasaan Anda akan ketukan dan hitungan yang stabil sebelum Anda membeli peralatan drum, Anda akan menjadi pemain drum yang lebih baik dan dapat mempelajari lebih dalam mengenai menjadi pemain drum dengan cepat.
Mungkin tulisan ini masih banyak kekurangannya, karenanya saya minta maaf terlebih dahulu. Semoga Tulisan ini Bisa Bermanfaat buat anda yang ingin mempelajari bermain drum. (syaf)