Pencuri 6 Sepedamotor di Labura Ditangkap Berkat Rekaman CCTV


LABURA- Tersangka pencuri sepedamotor berinisial BD (42), diringkus polisi di rumah kontrakannya di Ledong Timur Kecamatan Aek Ledong, Senin (29/5) sekitar pukul 02.00 WIB.
Tersangka pencuri sepedamotor saat di kantor polisi.


Selain meringkus pelaku, personel Polsek Kualuh Hulu juga meringkus 2 penadah, yakni SS dan AS dari Aek Kuo dan Merbau. Kapolsek Kualuh Hulu AKP R Sihombing SH kepada wartawan mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari laporan Elisabet Sitompul.

Pelaku mencuri sepedamotor Supra X 125 BK 6832 JAD milik Elisabeth yang sedang parkir di depan Hotel JSN Aek Kanopan, Rabu (24/5) sekitar pukul 19.30 WIB. Personel kemudian membuka CCTV hotel tersebut dan dari hasil CCTV diketahui ciri-ciri pelaku.
“Dari hasil CCTV, ciri-ciri pelaku diketahui polisi. Berdasarkan rekaman CCTV tersebut, petugas meringkus tersangka saat sedang berada di rumah kontrakan. Dan dari hasil pengembangan petugas kemudian mengamankan penadah sepeda motor itu,” beber Kapolsek Kualuh Hulu, Rabu (31/5).

Pelaku telah berulang kali melakukan pencurian sepedamotor. Sepedamotor tersebut setelah dipreteli kemudian dijual ke beberapa daerah di Labuhanbatu Utara (Labura). Dari hasil interogasi, pelaku mengaku telah melakukan pencurian 6 unit sepeda motor diantaranya, 2 unit di Pasar Inpres Aek Kanopan, 1 unit di Londut, 1 unit di RSUD Aek Kanopan, 1 unit di Panjang Bidang dan 1 unit di depan Hotel JSN Aek Kanopan.
“Pelaku mengaku telah mencuri sepedamotor milik Elisabeth dari depan Hotel JSN. Selain itu, ia juga telah mencuri sepedamotor lain dari berbagai tempat,” ungkap mantan Kapolsek Merbau ini.

Modus operandi pelaku mengambil sepedamotor korban yang diparkir dengan merusak kunci kontak menggunakan kunci T dan kemudian melarikan sepedamotor hasil curian. Ditambahkan Kapolsek, pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mencari sepedamotor lain.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dan penadah beserta barang bukti sepeda motor Supra X 125 BK 6832 JAD diamankan di Polsek Kualuh Hulu.
Ayah Elisabeth, Untung Sitompul setelah mengetahui pelaku diringkus mendatangi Polsek Kualuh Hulu. Kepada wartawan ia menceritakan sepedamotor itu dicuri pelaku setelah putrinya Elisabeth berniat menemui adiknya Efelina yang bekerja di hotel tersebut.

Menurut Untung, Elisabeth sempat melihat pelaku yang memakai jaket hitam membawa pergi sepedamotornya. Kemudian putrinya itu mencoba mengejar namun tidak berhasil.
(syaf)