4 Pria Ini Bajing Loncat yang Sering Beraksi di Jalinsum

ASAHAN–Personel Polsek Air Batu l meringkus empat orang kawanan bajing loncat yang merampok truk angkutan bermuatan barang berharga yang melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah Kabupaten Asahan.
Keempat pelaku bajing loncat yang diamankan polisi.


Ditangkapnya keempat kawanan bajing loncat ini setelah warga yang melihat kejadian tersebut mengetahui identitas pelaku dan melaporkannya kepada petugas kepolisian. Kapolsek Air Batu AKP Martoni Lam Cahyo saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (4/6) membenarkan kejadian tersebut.


“Keempatnya kami amankan Sabtu (3/6) kemarin, setelah menghimpun informasi dari korban dan saksi yang mengenali identitas ciri-ciri para pelaku saat beraksi,” kata kapolsek.


Ada pun para tersangka adalah Hendra (19), Karta Jaya (20) Zul Ilham (32) ketiganya adalah warga Desa Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu dan Syahputra (22) warga Desa Sei Alim Hasak Kecamatan  Sei Dadap.


Dijelaskan Kapolsek, ke empat tersangka ini diamankan setelah melakukan aksinya mencuri di atas mobil truk yang sedang berjalan. Di mana mobil colt diesel BL 8799 AC yang bermuatan barang elektronik pada saat itu melintas di Jalinsum Pondok Jati, Kecamatan Sei Dadap Asahan.


Namun aksi kawanan ini gagal karena diketahui sopir dan saksi yang melihat mereka dan mengenali para pelaku. Korban dan saksi lalu membuat pengaduan ke kantor polisi. Setelah mendapat laporan dan mengantongi identitas para pelaku, kemudian polisi melakukan penyergapan dan berhasil meringkus para tersangka di Desa Hessa Air Genting.


“Mereka belum sempat melakukan pencurian namun memanjat truk dan telah merobek terpal. Saat diamankan didapati barang bukti berupa satu buah pisau lipat, dua sepedamotor, dan satu gulung terpal plastic yang di robek,” ujarnya.


Dihadapan petugas para pelaku ini tak bisa mengelak perbuatannya. Mereka mengatakan, biasanya untuk mengerjakan aksinya ini, para pelaku menunggu terlebih dahulu di pinggir jalan lintas untuk mengamati truk yang bermuatan barang berharga.


Selanjutnya, setelah mendapatkan target truk yang akan dijarah, tersangka kemudian mengejar truk dan memepetnya dari belakang untuk memanjat dan merobek tutup terpal dengan pisau lipat kemudian mengambil barang dengan cara menjatuhkannya. Sementara itu rekan mereka yang lain menunggu di belakang. Kini keempatnnya masih menjalani pemeriksaan di Polsek Air Batu untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka. (syaf)