Curi 2 Ekor Lembu, Pria Ini Ngaku Dananya untuk Lebaran


ASAHAN –Gara-gara bingung untuk mencari uang guna keperluan Idul Fitri, Nasib (43) nekad mencuri lembu milik tetangganya. Akibat perbuatannya, kini Nasib terancam lebran di sel tahanan polisi. Selain Nasib, polisi juga meringkus Untung yang menjadi penadah lembu yang dicuri Nasib.

Untung penadah lembu curian (jaket hitam), Nasib pencuri lembu, dan kembu hasil curian.




Informasi diperoleh, aksi warga Dusun III, Desa Urung Pane, Kecamatan Setia Janji ini diketahui korbannya yang kemudian melapor ke polisi. Nasib pun diringkus bersama barang bukti dua ekor lembu curiannya.

Informasi dihimpun wartawan, Senin (19/6) aksi pencurian yang dilakukan pelaku ini sudah dua kali dilakukannya, saat pemilik lembu melepas ternaknya itu kawasan perkebunan sawit Desa Urung Pane. Aksi pertama sukses dilakukannya pada hari Kamis (15/6). Saat itu ia mencuri seekor lembu milik salah seorang warga bernama Erna, warga Dusun II. Ketagihan, keesokan harinya Jumat (16/6) pelaku juga mengulangi pencuriannya kali ini seekor lembu milik Iksan (54) warga Dusun III masih di desa yang sama.  

Di Polsek Setia Janji, pelaku mengakui perbuatannya itu. Ia mengatakan lembu curian pertama dia jual kepada penadah bernama Untung (51) dengan menggunakan mobil pick up yang dipinjamnya ke Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji dengan harga Rp 9 juta dan esok harinya kembali menjual seekor lagi dengan harga 9 juta.

"Tetapi dua ekor itu baru dipanjar saja, uang yang saya terima baru 1 juta," ujarnya. 
Pelaku ini juga mengaku khilafnya perbuatannya itu karna didesak untuk kebutuhan lebaran keluarganya dan biaya pendidikan anaknya yang sedang sekolah di kota Medan.

"Terpaksa pak, tak tau lagi mau cari duit cepat dari mana," kata pria yang berprofesi sebagai petani ini. 

Kapolsek Prapat Janji AKP Zulhajri YS saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kini pihaknya telah melakukan penahanan terhadap pelaku dan penadah hasil curian. Sementara itu barang bukti yang diamankan dua ekor lembu bersama mobil pick up. 

"Pelaku sudah diamankan Minggu (18/6) kini masih menjalani proses pemeriksaan untuk penyelidikan lebih lanjut," terangnya. (syaf)