Tak kenal maka tak sayang. Demikian juga dalam halnya saat kita memainkan sebuah alat musik baik itu gitar, drum, piano, dan lainnya. 


Gitar terdiri dari dua bentuk, yaitu gitar biasa (akustik) dan gitar elektrik. Perbedaan mendasar diantara keduanya adalah ada tidaknya komponen elektronik yang dijalankan oleh listrik. Walaupun bass akustik ada, namun mayoritas bass lebih sering ditemui dioperasikan secara elektronis atau listrik serta memerlukan ampli untuk memperkuat suaranya.

Bass adalah alat musik yang menggunakan dawai atau senar sebagai sumber suaranya. Umumnya memiliki empat senar, yaitu senar E yang paling rendah, senar A, senar D dan senar G yang paling tinggi. Susunan senar pada bass juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Demikian pula dalam penulisannya dalam tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut. Namun pada aliran-aliran seperti jazz, funk, dan progressive, bass memiliki senar lebih dari empat. Bass akan selalu mengikuti pola irama drum sehingga membentuk groove.

Bass dimainkan dengan cara yang hampir sama dengan gitar, yaitu dipetik. Teknik memainkan bass yang lain seperti slapping (memukul), membetot atau menstrumming bass juga dilakukan oleh pemain yang sudah tergolong mahir.


Sementara pada lagu-lagu jazz, bass sering dianggap sebagai motor penggerak lagu dan penentu warna lagu yang ingin ditampilkan. Mengingat bahwa jazz selalu menggunakan chord-chord yang rumit dan mengandalkan improvasi perorangan, permainan bass dituntut lebih handal dalam banyak hal.


Ada beberapa macam teknik dalam bermain bass antara lain sebagai berikut:

1. Alternate Picking
Biasanya Bassist banyak menggunakan teknik ini dalam bermain bass. Alternate picking sebenarnya adalah teknik dasar dalam bermain bass. Caranya: memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian, umumnya sih pake jari telunjuk dan jari tengah.

2. Up Down Thumb
Teknik Up Down Thumb ini harus menggunakan pick, sementara  keempat jari-jari yang lain dipakai untuk memetik, mirip seperti bermain gitar. Jika  biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah untuk metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.

3. Slapping
Teknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu. Yang biasanya suka pakai teknik ini adalah Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers.

4. Popping
Teknik Popping adalah menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, sehingga menghasilkan suaranya nyaring seperti  dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa menggabungkan teknik slapping dan popping sehingga menghasilkan kombinasi suaranya yang unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.

5. Tapping
Tapping biasa digunakan pada gitar, namun pada bass juga bisa digunakan teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.

6. Neck Bending
Tekni Neck Bending bisa kita lakukan ketika memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem). Teknik ini akan menghasilkan bunyi seperti mendengung. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.