Tabung Perebus TBS Meledak, Tubuh 2 Karyawan PT Sintong Melepuh


ASAHAN-Dua pekerja pabrik kelapa sawit PT Sintong Abadi, Dusun I, Desa Hessa Air Genting dilarikan ke RS akibat luka bakar yang dialami. Pasalnya tangki rebusan Tandan Buah Sawit (TBS) di PKS tersebut meledak.

Sabdam Syahputra karyawan PT Sintong Abadi yang tubuhnya melepuh akibat ledakan tabung perebus TBS meledak. 



Kedua karyawan yang terkena ledakan tangki yakni Sabdam Syahputra (26) warga Dusun IV, Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu dan Wagimin (25) warga Bukit Rejo Desa Hessa Parlompongan, Kecamatan Air Batu.

Informasi diperoleh, akibat terkena tangki perebusan kepala sawit yang meledak kulit membuat kulit tubuh Sabdam melepuh cukup parah.

Sedangkan Wagimin hanya melepuh ringan pada tubuhnya. Peristiwa nahas yang terjadi di pabrik tersebut bermula saat Sabdam dan Wagimin merebus TBS. Kemudian, Sabdam saat itu melakukan penguncian pintu tong rebusan TBS di No 4. Namun entah apa yang terjadi tiba-tiba uap steam dari tong rebusan TBS No 5 menguap dan menyembur keluar sehingga mengenai tubuh kedua orang korban.

Mendengar ada suara seperti ledakkan tersebut, rekan korban lainnya melakukan pertolongan dan melaporkannya kepada pihak perusahaan. Kemudian oleh perusahaan kedua korban tersebut dibawa ke RSU Setio Husodo, Kisaran untuk mendapatkan perawatan medis. Dari keterangan medis RSU Setio Husodo Kisaran ternyata korban Sabdam mengalami luka bakar atau melepuh disekujur tubuhnya sekitar 70 persen sehingga disarankan untuk dirujuk ke RSU Grand Medistra Lubukpakam.

Sedangkan korban Wagimin hanya mengalami luka bakar atau melepuh di sekujur tubuhnya sekitar 10 persen dan diizinkan pulang (berobat jalan). Kapolsek Airbatu AKP Martoni saat dikonfirmasi melalui selularnya membenarkan adanya kejadian kecelakaan kerja yang disebabkan pecahnya rebusan TBS.

“Tidak ada korban meninggal dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, ada 2 orang korban tersiram air panas rebusan sawit. Satu orang mengalami luka melepuh cukup serius dan sudah dibawa ke rumah sakit di Medan. Sementara satu orang lagi sudah pulang karena tidak begitu parah,” jelasnya.

Informasi lain diperoleh dari beberapa warga, suara ledakan tabung perebus TBS tersebut terdengar cukup keras hingga warga yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian terkejut mendengar suara ledakan.


“Keras kali suaranya terkejut aku,” kata Edi. (syaf)