Awas Ada Uang Palsu Beredar di Labuhanbatu

RANTAU- Manja Khairunisa (14), pedagang kios kelontong di kawasan Jalan Perisai Rantauprapat ini harus menanggung rugi. Pasalnya, dia menjadi korban penipuan seorang pembeli yang bertransaksi menggunakan uang palsu pecahan Rp50 ribu.

Warga menunjukkan pecahan uang palsu Rp50 ribu.


Informasi dihimpun, pada pada Jum’at (14/7) sekitar pukul 09.00 WIB, Manja sedang menjaga kios di sekitaran rumahnya. Ia kedatangan seorang pria tak dikenal, yang ingin membeli sebungkus deterjen untuk mencuci mobil.

Dari dalam kiosnya, Manja pun memberikan sebungkus deterjen seharga Rp5 ribu kepada pria mengenakan kemeja kotak-kotak dan menyandang tas kecil tersebut. Kemudian, pria yang diperkirakan berusia 20 tahun itu mengeluarkan selembar uang pecahan Rp50 ribu, dan membayarkannya kepada Manja. Karena sama sekali tak curiga uang yang diberikan itu adalah uang palsu, Manja pun lantas memberikan uang kembalian sebesar Rp45 ribu kepada pria pembeli deterjen itu.

“Memang saat menunggu uang kembalian, pria itu ngajak saya ngobrol terus. Eh rupanya itu hanya modus untuk mengalihkan perhatian agar saya tidak fokus memperhatikan uang palsu yang dia berikan,” jelas Manja.

Manja pun mulai sadar kalau uang Rp50 ribu tersebut adalah uang palsu saat akan memasukkan uang kertas itu ke dompetnya. Namun apa hendak dikata, sang pembeli deterjen tersebut sudah pergi dengan mengendarai sepedamotor.

“Pas dipegang uangnya aneh gitu. Maka saya bandingkan sama uang asli, ternyata banyak perbedaan. Disitulah saya sadar kalau saya uda ditipu,” tandasnya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Teuku Fahtir SIK melalui Kanit Ekonomi Iptu Galih Ramadhani mengatakan pihaknya telah mengamankan uang palsu pecahan Rp50 tersebut. “Kasus ini akan kita dalami untuk menangkap pelakunya,” ujarnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar lebih jeli dan teliti saat akan menerima uang dari siapapun. ‘Bila ada uang yang dirasa ragu jangan diterima dulu, periksa terlebih dahulu. Bila mencurigakan lapor ke polisi,” ungkapnya. (syaf)

Subscribe to receive free email updates: