Gempa 5,5 SR Goncang Padangsidempuan 



MEDAN-Gempa dengan getaran 5,5 skala richter (SR) terjadi di Padangsidempuan, Tapanuli Selatan, Padang Lawas dan Padanglawas Utara (Paluta) hingga Riau, Jumat (14/7) pukul 08.25 WIB. 



Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Medan, Syahnan memastikan gempa tersebut berupasat di kedalaman gempa sekira 10 kilometer dari permukaan. 

Sementara titik gempa berada 9 kilometer barat daya Kota Padangsidimpuan tepatnya di 1.37 lintang utara (LU) dan 99.19 bujur timur (BT).

"Kita pastikan dulu penyebab gempanya. Gempa itu tidak berpotensi tsunami. Belum ada informasi kerusakan," ujar Syahnan. 

Meski demikian, ia mengimbau agar masyarakat tidak panik dan diharap mengikuti peringatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Posko BNPB menyebut dampak gempa di Kabupaten Padangsidempuan dilaporkan dirasakan kuat selama 20 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Atap rumah bergetar cukup keras. Perabotan rumah berbunyi dan bergoyang. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

Sedang di Kabupaten Padang Lawas gempa dirasakan sedang selama 20 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Kabupaten Padang Lawas Utara gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Rumah terasa bergoyang dan masyarakat panik berhamburan keluar rumah.

Di Kabupaten Tananuli Selatan gempa dirasakan kuat selama 15-20 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Terakhir di di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau gempa dirasakan sedang selama 10 detik. Di Kota Medan, gempa tidak dirasakan.


Berdasarkan peta gempa dirasakan, intensitas gempa berupsat sekitar V -VI MMI (sedang hingga kuat) dengan sebaran tidak luas. Di Aekgodang IV MMI (ringan). (syaf/int)