PTPN IV Buang Limbah di Jalinsum, Pemkab Asahan Tak Bisa Berbuat Apa-apa



ASAHAN- Pihak PTPN IV Pulau Raja, Asahan kembali membuang limbah janjangan ke pinggiran jalinsum, Minggu (16/7). Namun anehnya, meski pihak PTPN IV jelas-jelas membuang sampah sembarangan, tapi pihak Pemkab Asahan tidak bisa berbuat apa-apa.
Limbah sawit yang dibuang di jalinsum.

Pantauan wartawan, limbah janjangan sawit yang dibuang sepanjang kurang lebih 1 Km di jalinsum. Kondisi ini membuat masyarakat pengguna jalan resah. Karena Limbah janjangan sawit mendatangkan binatang wawon dan menimbulkan aroma yang kurang sedap.

Masyarakat pengguna jalan umumnya pengendara sepedamotor terjebak dikerumuni binatang wawon jika melintas dari simpang SMP Negeri I Kecamatan Pulau rakyat sampai simpang Desa Pulau Rakyat Pekan.

Kepada wartawan , Sopian boy menghimbau pihak yang berwenang agar minindak lanjuti tentang pihak PTPN IV membuang limbah janjangan di pinggiran jalinsum sebelum ada korban akibat binatang wawon yang muncul akibat pembuangan limbah.

Camat Kecamatan Pulau Rakyat Alinudin Marpaung mengatakan, semestinya pihak perkebunan jangan sembarangan membuang limbah yang dihasil kan pabrik kelapa sawitnya. Akibat Limbah janjangan itu dampaknya sudah membuat masyarakat resah.

Hal yang sama disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri I Wahap Situmorang. Menurutnya kegiatan belajar mengajar pun sudah tidak nyaman akibat aroma bau busuk limba janjangan yang di buang di pinggir jalan masuk ke sekolah berdekatan dengan sekolah SMP.

Menurut keterangan Anggah warga Desa Padang Mahondang, kami umumnya penarik ojek sudah tidak nyaman mangkal karena setiap hari harus mencium bau busuk limbah janjamgan. (syaf)