Puting Beliung Rusak 34 Rumah di Simalungun

SIMALUNGUN–Kerusakan akibat puting beliung yang terjadi, Rabu (5/7) lalu mengakibatkan 34 rumah, dua gereja serta dua sekolah mengalami kerusakan.


Dari data yang dikumpulkan pihak Kelurahan Raya, sebanyak 16 rumah dilaporkan rusak. Sementara di Kelurahan Sondi Raya sebanyak 18 unit. Sementara GKPS Hapoltakan dan GKPS Kongsi Laita juga terimbas pengaruh puting beliung. Gedung TK Bina Insani dan gerbang SMPN 2 Kecamatan Raya juga mengalami kerusakan.

Camat Raya Agustina Simanjorang SAN MSi, Kamis (6/7) mengatakan, pihak kecamatan sudah menerima laporan dari pihak kelurahan terkait kerusakan yang ditimbulkan angin puting beliung. Data tersebut kemudian telah disampaikan kepada Dinas Sosial Kabupaten Simalungun.

“Kita harus tetap waspada karena sedang musim hujan. Cuaca ektrem sehingga berpeluang terjadi bencana,”kata Agustina.

Sementara itu Dodo Sinaga, warga Kelurahan Raya yang rumahnya mengalami kerusakan parah, terpaksa mengungsi untuk sementara di rumah keluarga.

Rumah Dodo yang dihuni bersama keluarganya hancur porak poranda, karena bagian atap rumah diterbangkan angin. Rumahnya hanya tersisa dinding beton, sehingga hujan langsung masuk ke rumah.

“Kami berharap bantuan dari siapa pun untuk membangun kembali rumah ini,”kata Dodo Sinaga.

 Amatan wartawan di lokasi kejadian, para warga tampak sibuk memperbaiki dan menyusun material bangunan atap rumah yang sebelumnya berserak karena dibawa angin. Sementara itu barang-barang lainnya yang basah kuyup karena hujun terpaksa harus dijemur dulu. Diperkirakan kerugian seluruh korban angin puting beliung mencapai ratusan juta rupiah. (syaf/int)