Ritual Tusuk Besi Suci untuk Hapus Dosa Umat Hindu di Siantar



SIANTAR – Tiga pria melakukan ritual tusuk besi suci pada tubuhnya. Ritual ini disaksikan ribuan umat Hindu yang memperingati hari lahir Dewi Mariamman di Bah Bolon Jalan MH Sitorus Kecamatan Siantar Barat, Minggu (2/7).



Kemudian, bunga yang sudah dirangkai sedemikian rupa dihanyutkan ke sungai dengan harapan dosa-dosa umat ikut hanyut.

Ritual ini merupakan rangkaian upacara keagamaan dalam memperingati hari lahir Dewi Mariamman yang dipusatkan di Kuil Shri Mariamman, Jalan Diponegoro, Kecamatan Siantar Selatan.

Pantauan wartawan, kegiatan diawali dari kuil, kemudian ke sungai Bah Bolon di Jalan MH Sitorus, Kecamatan Siantar Barat untuk melakukan ritual tusuk besi suci.

Pria yang sudah menyiapkan diri sebelumnya, kemudian mengikuti ritual tusuk besi ini. Selain punggung, pipi mereka juga ditusuk besi hingga tembus melewati rahang.
Dari sungai itu, ribuan umat Hindu se Kota Siantar ini berkeliling Kota Siantar dengan berjalan tanpa alas kaki dan kembali ke Kuil Shri Mariamman.

 Pendeta Hindu Mittun Krishna menjelaskan, ritual tusuk besi suci digelar setiap tahun, dipercaya dapat menolak bala dan dapat memudahkan mendapat rezeki.
 
"Hari kelahiran Dewi Mariamman ini dirayakan seluruh umat Hindu di seluruh Indonesia. Menurut kepercayaan umat Hindu, Dewi Mariamman dapat membawa penghidupan, menolak bala, dan memberikan rezeki,"kata Mittun Krishna.

Ditambahkan Mittun, dalam ritual disampaikan doa dan harapan ke depan. Ritual tusuk besi dilakukan terhadap umat Hindu yang sudah berpuasa selama seminggu.

"Mereka hanya diperbolehkan makan makanan vegetarian dan tidak boleh memakan ikan dan daging. Itu salah satu syarat supaya doa dan harapan dikabulkan Dewi Mariamman. Ritual ini harus dilakukan oleh orang yang hati dan pikirannya bersih," lanjutnya.
Dan bunga yang dihanyutkan tersebut, terang Mittun, sebagai pertanda bahwa mereka membuang hal-hal yang buruk.

“Penghanyutan bunga itu maksudnya menghanyutkan dosa selama satu tahun terakhir,” terangnya. (syaf/int)