5 Rumah di Dekat Pasar Horas Terbakar, Terkepung Api Nenek 89 Tahun Sembunyi di Kamar Mandi


SIANTAR-Warga Jalan Lokomotif, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara heboh. Lima unit rumah dilalap si jago merah. Dalam insiden itu seorang wanita bernama Nurjani Sikumbang (89) terkepung dalam kobaran api yang membakar rumah Fadri Sikumbang.

Mengetahui masih arang orang di dalam rumah, petugas Satpol PP, aparat kepolisian dari Bhabinkamtibmas dibantu tim pemadam kebakaran menerobos api yang mulai menghanguskan sebagian besar rumah. Sambil menyiram air ke dalam rumah, sebagian personel masuk dengan membongkar pintu belakang rumah Fadri Sikumbang.


Petugas Satpol PP menggendong nenek berusia 89 tahun yang sempat terkurung kobaran api di rumah anaknya. Petugas Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.



Akhirnya Nek Sani berhasil ditemukan di dalam kamar mandi. Nek Sani diduga sengaja ke kamar mandi untuk mengurangi rasa panas. Namun sebagian besar tubuhnya termasuk tangan dan wajah sudah melepuh terbakar. Oleh personel Satpol PP dan tim pemadan, korban langsung dipapah dan dilarikan ke rumah sakit umum dr Djasamen Saragih Pematangsiantar.

Nurjani, berhasil diselamatkan oleh seorang anggota Bhabinkamtibnas marga Sembiring dari dalam kamar mandi rumah Badri Sikumbang. 

Marga Sembiring itu tanpa banyak bicara langsung menggendong Nurjani sembari berlari menuju ke arah keluar Jalan Lokomotif dengan dibantu 2 orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mencari bantuan untuk mengantarkan Nurjani ke RSUD Djasamen Saragih.

Nurjani digendong anggota Satpol PP dan marga Sembiring sembari berlari dengan diikuti warga dari belakang. Telihat warga menangis histeris. Dan akhirnya wanita tua dengan luka bakar yang dideritanya dinaikkan ke sebuah angkot GMSS menuju RSUD Djasamen Saragih. 

Akibat kejadian itu, Nurjani mengalami luka bakar dibagian kepala, tangan sebelah kanan, wajah dan kedua lutut terlihat terkelupas kulitnya.

Upaya pemadaman yang dilakukan 3 unit milik damkar milik Pemko Siantar dan satu unit milik PT STTC akhirnya berhasil setelah menghabiskan waktu hampir 90 menit.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun 2 rumah permanen dan 3 rumah semi permanen milik Uci, Anto Pane, Elfa, Fatmawati Sikumbang, dan Fadri Sikumbang hancur dilalap api.

Penyebab kebakaran yang diduga berawal dari rumah Fadri Sikumbang ini belum diketahui secara pasti. Namun menurut beberapa warga yang menyaksikan kejadian, api diketahui setelah orang-orang yang berada di rumah Fadri berteriak Api.. Api.. Sambil berhamburan keluar dari rumah yang saat kejadian ramai itu memang sedang ramai.

Ada acara di rumah Fadri, kalau tak salah acara arisan, jadi mereka memasak. Tiba-tiba ada yang teriak api, dan keluar dari rumahnya,”kata beberapa warga.

Namun beberapa warga lain menyebutkan sumber api kemungkinan karena hubungan pendek arus listrik antara rumah Fadri dan Fatmawati yang merupakan kakak adik.

Sementara itu, Kapolsek Siantar Utara AKP Zuhriansyah Matondang mengatakan 5 rumah terbakar terbakar di Jalan Lokomotif, namun untuk penyebab kebakaran, pihaknya belum memastikan. (syaf/int)


Subscribe to receive free email updates: