Chitika

AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

Adsense

Loading...

Angkut Ratusan Bal Pres, Kapal Penyelundup Monza dari Malaysia Karam

Kapal penyelundup monza yang diamankan petugas Bea Cukai.
TASLABNEWS.COM, TANJUNGBALAI - Satu kapal penyelundup pakaian bekas (monza) tenggelam di Perairan Tanjungbalai-Asahan. Namun sebelum tenggelam, para Anak Buah Kapal (ABK) penyelundup monza sempat menyerang petugas Bea Cukai yang hendak menangkap mereka dengan menggunakan mercon dan obor.

Informasi diperoleh, saat itu petugas BC menerima info soal masuknya monza melalui jalur perairan Tanjungbalai-Asahan. Petugas lalu mengerahkan 3 kapal, yakni BC 9004 Satgas Patroli BKO Kanwil Sumut, BC 20008 Satgas Patroli Laut TBK dan BC 15031 Satgas Patroli Laut Teluk Nibung untuk melakukan razia.

Kru kapal Patroli BC 20008 selanjutnya mengamankan KM Surya Kencana yang diketahui dihuni 4 ABK dan bermuatan ratusan monza balpress. Petugas BC lalu menggiring kapal selundupan itu ke Dermaga Pelabuhan BC, Jalan Karo, Belawan Tapi di tengah perjalanan, KM Surya Kencana kandas dan akhirnya tenggelam.

Peristiwa itu lalu membuat kru kapal BC 20008 berkoordinasi dengan kapal BC 9004 yang sebelumnya juga telah mengamankan KM Tirta Kencana. Kapal ini bermuatan monza sebanyak 800 balpress dan dihuni 8 ABK. Sebanyak 1 balpress monza dan 4 ABK dipindahkan ke kapal BC 9004 sebagai barang bukti. Karena KM Surya Kencana tenggelam, petugas BC pun kembali menggiring KM Tirta Kencana dan para ABK-nya ke Belawan.

Secara terpisah, kru BC di kapal Patroli BC 15031 melakukan pengejaran terhadap satu kapal penyelundup di perairan Tanjung Api menuju Lampu Putih Terluar, Kuala Bagan Asahan. Di sinilah kru kapal Patroli BC 15031 mendapat serangan dari kawanan di kapal penyelundup monza itu. Petugas Patroli BC 15031 diserang puluhan massa bayaran bersenjata mercon dan obor.

Pun telah memberi 2 kali tembakan peringatan ke udara, kapal penyelundup monza itu tak dapat dibekuk. Alhasil, guna barang impor bermasalah yang mereka bawa tak berhasil didaratkan di Tanjungbalai, petugas BC hanya tetap stand-by menggelar patroli di kawasan perairan itu.

“Untuk kapal KM Tirta Kencana dan ABK nya sudah kita amankan. Kapal itu sudah kita bawa ke Belawan,” kata Kabid P2 DJBC Sumut, Rizal. Ditanya soal aksi dari kru kapal penyelundup yang menyerang petugas BC, Rizal mengaku selama ini pihaknya sering mendapat serangan dari massa bayaran yang menginginkan muatan kapal bekingannya lolos ke Tanjung Balai.

“Kapal Patroli BC 15031 terus diserang dengan obor dan mercon, jadi kapal patroli kita tidak dapat menangkap kapal selundupan itu, tapi kita masih melakukan penyelidikan di lapangan,” ucapnya. (syaf)
Tanjungbalai 482721829028368212
Beranda item