BidVertiser

AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

Adsense

Loading...

Menu Utama Resepsi Bobby-Kahiyang, dari Ikan Sale Balado hingga Sup Daging Sipirok

TASLAB NEWS, MEDAN - Pesta adat dan resepsi Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu di Perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Medan mulai dilakukan, Jumat (24/11/2017). Beberapa menu makanan khas Mandailing akan disajikan dalam puncak pesta adat tersebut, mulai hari ini Jumat 24 hingga Minggu 26 November mendatang.

 
Koki yang memasak makanan untuk acara pernikahan anak Presiden RI Jokowi
Koki yang memasak makanan untuk acara pernikahan anak Presiden RI Jokowi

Makanan akan dimasak oleh perusahaan Catering Putri, di mana menu makanan yang akan disajikan adalah ikan sale balado, rendang daging, ikan mas goreng, sup daging sipirok dan udang balado. Makanan khas Tapanuli Selatan ini semakin lezat karena menggunakan bumbu khas seperti bawang batang, pete, racikan sambal kecap asin dan sambal tuk tuk.

Bebby Nasution, pengusaha Catering Putri mengatakan, nantinya pada 24-25 November 2017 makanan yang disajikan memiliki nuansa Mandailing, sedangkan pada 26 November makanan yang disajikan lebih nasional.

Selain itu pihak catering juga menyediakan rebusan dedaunan seperti daun ubi rebus, daun ubi gulai dan minuman cendol untuk menemani santap siang.

 Resepsi Adat Mandailing Pernikahan Bobby-Kahiyang Dibukukan

 Resepsi adat pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution dan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, mendapatkan begitu banyak perhatian dari masyarakat. Selain karena digelar secara besar-besaran, resepsi melibatkan banyak tetua adat dari Sumatera Utara.

Dalam resepsi yang digelar dengan adat Mandailing itu, setidaknya ada 15 proses yang digelar. Masing-masing prosesi memiliki makna dan tujuannya sendiri.

Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan makna dan tujuan dari masing-masing proses itu, panitia resepsi pernikahan Bobby-Kahiyang menerbitkan sebuah buku saku yang menceritakan secara menyeluruh prosesi-prosesi tersebut. Buku tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat di Media Center Resepsi Bobby-Kahiyang, Jumat (24/11).

Buku yang sampul depannya terdapat gambar Bobby-Kahiyang itu ditulis oleh tetua adat Mandailing bernama Pandapotan Nasution (Patuan Kumala Pandapotan). Buku tersebut memuat setidaknya empat topik penting. Yakni terkait Landasan Dasar Hukum Adat Mandailing, lalu Struktur Adat Mandailing, Landasan Operasional Adat Mandailing serta topik khusus terkait pernikahan Bobby-Kahiyang secara keseluruhan.

Dalam pengantarnya, Pandapotan Nasution mengatakan, buku ini diharapkan dapat menjadi penjelasan ringkas tentang upacara perkawinan Bobby-Kahiyang kepada masyarakat. Ia terdorong untuk menulis buku tersebut sebagai bentuk keprihatinan terhadap eksistensi adat Mandailing, yang makin tergerus.

“Selama ini perkawinan adat Mandailing hanya dipelihara lewat budaya lisan. Hari ini kita coba untuk mendokumentasikannya sehingg dapat diwariskan kepada generasi berikutnya,” tulis Pandapotan.

Kehadiran buku ini mendapatkan sambutan yang baik dari keluarga besar Muhammad Bobby Afif Nasution. Darmin Nasution mewakili keluarga Bobby mengatakan, dengan dibukukannya proses adat tersebut, maka ke depannya pasangan Bobby-Kahiyang maupun masyarakat lainnya dapat lebih memahami nilai-nilai luhur masing-masing budaya mereka.


“Tidak sebatas memahami, tapi juga mampu menjadi teladan kepada masyarakat luas akan makna kerukunan di atas perbedaan dengan gembira. Setiap tahapan proses ritual adat selalu mengandung pesan-pesan atau ajaran leluhur yang disamarkan. Semoga melalui buku ini kita bisa mendapatkan semua itu,” kata Darmin yang juga Menteri Kordinator Bidang Perekonomian dalam Kabinet Kerja Jokowi itu. (syaf/int)
SUMUT 7780153644368836277
Beranda item

Cithika

Clicksor

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

ADSENSE

ADNOW

loading...

Follow by Email

Chitika

Total Tayangan Halaman