Alexa.com

BidVertiser

AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

Adsense

Loading...

Sudah Dihukum Mati, Napi Ini Tetap Kendalikan Peredaran 25 Kg Sabu dari Lapas

TASLAB NEWS, MEDAN-  Terpidana mati kasus narkoba Togiman alias Toge kembali dituntut dengan hukuman mati. Kali ini dia dinyatakan bersalah terlibat dalam pengendalian bisnis narkoba seberat 25 kg dari dalam penjara.

Tersangka narkoba Toge dan teman-teman saat menjalani persidangan
Tersangka narkoba Toge dan teman-teman saat menjalani persidangan


Selain Togiman, 5 terdakwa dalam pengiriman sabu-sabu itu dituntut dengan hukuman seumur hidup, termasuk seorang terpidana kasus narkotika Thomson Hutabarat yang merupakan warga Simalungun. Tiga lainnya kurir yang berada di luar penjara, yakni Abdul alias Edo, Wagimun, dan Sugiarto.

Tuntutan terhadap kelima terdakwa dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dewi Tarihoran di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (5/12). Dia menyatakan kelima terdakwa telah melanggar Pasal 114 ayat (2) dan Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Meminta agar majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah  memiliki dan menguasai narkotika golonga IA bukan tanaman dengan jumlah lebih dari 5 gram," jelas Dewi di hadapan majelis hakim yang diketuai Saidin Bagariang.

Dalam nota tuntutannya, JPU menilai hal yang memberatkan Togiman, dia tidak jera mengulangi perbuatannya padahal sudah divonis mati.

"Sedangkan hal yang meringankan tidak ada," ucap JPU Dewi.

Ini kali kesekian Togiman terjerat masalah narkotika. Pria ini sebelumnya merupakan narapidana perkara narkotika yang tengah menjalani hukuman 9 tahun penjara di Lapas Kelas II B Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumut. Dia kemudian ditangkap kembali karena mengatur peredaran 21,425 Kg sabu-sabu, 44.849 butir pil ekstasi. Hukuman mati dijatuhkan hakim agung kepadanya.

Terkait kasus 21,425 Kg sabu-sabu dan 44.849 butir pil ekstasi ini, Toge juga mencoba melakukan penyuapan. Dia pun dihukuman 12 tahun penjara dinyatakan bersalah melanggar UU Pencegahan dan Pemberantasan TPPU, karena memberikan Rp 2,3 miliar kepada AKP Ichwan Lubis, yang saat itu menjabat Kasat Reserse Narkoba Polres Pelabuhan Belawan.

Mengingatkan kembali, Thomson Hutabarat dan Toge merupakan wargabinaan di Lapas Tanjung Gusta Medan. Kini, seluruh tersangka bersama barang bukti sudah diamankan dan diboyong ke Markas Komando BNN Pusat di Jakarta, guna proses hukum dan penyidikan.

‎Lanjut, Asep mengatakan atas kasus ini, Thomson Hutabarat dan Toge‎ langsung diciduk oleh petugas BNN Pusat, Selasa, 16 Mei 2017, pekan lalu untuk dilakukan pemeriksaan.

"Sudah dibon (dipinjamkan) ke BNN keduanya pekan lalu. Kini, mereka masih di Kantor BNN Pusat, Jakarta," ungkap Asep.

Asep yang merasa kecolongan itu, mengatakan dirinya bersama anggota sudah melakukan pengamanan maksimal. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi pengendalian narkoba dari dalam Lapas dengan sering melakukan razia secara acak seminggu dua kali.

"Sudah kita melakukan razia, tapi ada hal-hal macam Toge ini. Jadinya, saya merasa sangat kecolongan," jelasnya.

Diketahui, gembong narkoba kelas kakap di Medan, Togiman alias Tony alias Toge, hanya dijatuhi hukuman seumur hidup oleh majelis hakim yang diketuai Erintuah Damanik di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin, 19 Desember 2016, lalu.

Vonis di PN Medan ini, lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejari Medan menuntut Toge dengan hukuman mati. Kasus narkoba dengan barang bukti ‎sebanyak 21,425 kilogram sabu-sabu dan 44.849 butir pil ekstasi. Begitu juga, sebelumnya Toge mendekam di Lapas Klas IIB Lubukpakam atas kasus yang sama.

Yang tengah menjalani hukum penjara selama 9 tahun. Saat ini, Toge sudah terjerat kasus narkotika sebanyak 3 kali dengan status jaringan merupakan jaringan internasional. Seluruh barang haram dipasoknya dari bandar besar di Malaysia. (syaf/int)


SUMUT 744550788796581974
Beranda item

Cithika

Clicksor

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

ADSENSE

ADNOW

loading...

Follow by Email

Chitika

Total Tayangan Halaman