TASLABNEWS.com. Diberdayakan oleh Blogger.
AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

BidVertiser

Loading...

Diterjang Longsor, Rumah Makan di Tapteng Masuk ke Sungai

TASLABNEWS, TAPTENG- Warga di Simpang Tiga Husor-Pakkat, Desa Pangaribuan, Kecamatan Andam Dewi, Kamis (29/3) pagi heboh. Longsor menerjang satu unit rumah makan hingga sebagian bangunan dan perabotan di dalam rumah terdorong ke Sungai Aek Sirahar.

Warga menyaksikan longsor yang mengakibat rumah makan di Tapteng terdorong ke sungai.
Warga menyaksikan longsor yang mengakibat rumah makan di Tapteng terdorong ke sungai.


Sebelumnya, hujan deras mengguyur Kecamatan Andam Dewi sejak Rabu (28/3) malam. akibatnya, longsor pun terjadi dan menimpa satu rumah makan yang berdiri di bawah perbukitan yang longsor tersebut.

“Rumah makan itu berada di Simpang Tiga Husor Pakkat. Pagi sekira pukul 05.30 WIB, gerimis masih turun dan tiba-tiba terdengar benturan keras dan deburan suara tercebur ke sungai,” ujar Desmoan Pasaribu (23), warga setempat.

Suara benturan keras dibarengi suara deburan air membuat warga sekitar keluar rumah dan mendatangi asal suara tersebut. Setibanya di lokasi, Rumah Makan Romario, mereka mendapati tumpukan tanah sudah menimbun bangunan rumah makan tersebut, dan sebagian bangunan serta perabotan rumah berserakan di pinggir sungai dan sebagian lagi sudah tercebur ke sungai terbesar di lokasi tersebut.

Bahkan, material longsor berupa tanah dan bebatuan juga menutupi badan jalan sehingga sempat mengakibatkan kemacetan.

Warga lainnya, Aceh Simatupang (43) mengatakan bahwa saat kejadian, pemilik rumah makan tidak berada di dalam, melainkan tinggal di rumah mereka yang tak jauh dari rumah makan tersebut.

Tak lama kemudian, Barita Sigalinging (45), pemilik warung datang ke lokasi rumah makan miliknya itu. Dia mengaku tidak tahu persis jam berapa tepatnya peristiwa itu terjadi.

"Saya memang bangun pagi hendak menuju ke warung. Tetapi tiba-tiba di luar rumah saya melihat ada keramaian di seberang sungai tempat warung makan saya. Jadi saya langsung menuju ke sana dan saya lihat warung saya sudah tertimbun longsor,” ujarnya sedih.

Ia juga menambahkan bahwa sejumlah perabotan yang berada di dalam warung habis didorong  material longsor ke Sungai Aek Sirahar, karena memang warungnya tersebut berada di pinggiran sungai.

Camat Andam Dewi Demsi Limbong didampingi Kasi Trantib Peter Simatupang di lokasi kejadian menyebutkan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian ini.

Demsi menyebutkan bahwa sebelumnya pihaknya sudah melakukan pemantauan di lokasi karena sebelumnya sudah terjadi longsoran kecil di wilayah itu.

"Kondisi longsoran sudah kita pantau dan kita prediksi akan terjadi. Makanya tadi malam sekira jam 00.)) WIB kita masih berada di lokasi memantau perkembangan. Ternyata terjadi pagi tadi sekira pukul 05.00 WIB,” ujarnya.

Masih kata camat, satu unit alat berat diupayakan didatangkan untuk membuka akses jalan antara  Husor  menuju Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, yang tertimbun material longsor.


“Apalagi saat pagi sangat sibuk oleh aktivitas para pelajar dari wilayah Sijungkang. Kendaraan roda dua dan empat masih tertahan,” ujarnya. (syaf/int)
TAPANULI 6631447586587264701
Beranda item

Translate

ADSENSE

Alexa Rank

Clicksor

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

ADNOW

loading...

Cithika

Chitika

Total Tayangan Halaman