TASLABNEWS.com. Diberdayakan oleh Blogger.
AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

BidVertiser

Loading...

Perpustakaan Adonan Roti

TASLABNEWS, Siapa bilang perpustakaan identik dengan kumpulan buku? Perpustakaan di Belgia ini, berisikan fermentasi adonan roti dari seluruh dunia.

Perpustakaan Belgia

Dikumpulkan detikTravel dari situs resminya, Senin (11/6) perpustakaan ini bernama The Sourdough Library. Perpustakaan ini dibangun oleh Karl De Smedt, seorang tukang roti dari Sankt Vith, 171 km dari Ibukota Brussels.

De Smedt membangun perpustakaan ini pada tahun 2013. Inilah satu-satunya perpustakaan di dunia yang mengoleksi seratus lebih adonan roti yang difermentasikan dari seluruh dunia. Adonan inipun diletakan dan disusun dalam lemari pendingin khusus.

Perpustakaan Belgia

Untuk mengumpulkan adonan ini, De Smedt pun keliling dunia, mulai dari Jepang, Italia, Amerika, Singapura, Alaska, Mesir dan masih banyak lagi. Jumlah adonan yang terkumpul sekarang adalah 105 dari negara dan tentunya baker yang berbeda juga.

Menurut sejarah, pengetahuan tentang adonan kue telah ada semenjak 4.000 SM oleh bangsa Mesir Kuno. Kemungkinan itu juga, sejak masa itu roti yang enak telah tercipta. Karena hal itulah, De Smedt ingin mempelajari lebih dalam lagi bagaimana penciptaan kue yang enak dari beragam negara melalui The Sourdough Library.

Tidak sekedar koleksi semata, adonan fermentasi ini juga diteliti untuk mempelajari dan mengembangkan biodiversity, keanekaragaman hayati pada roti. Adonan-adonan ini pun dari skala tertentu dimasukan mikroba demi menjaga bakteri pada kue.

Selain itu, perpustakaan ini juga meneliti bagaimana mikroba, jenis bakteri, udara, suhu dan waktu berpengaruh pada pembuatan dan menghasilkan kue yang enak. Perpustakaan ini mwrupakan yang satu-satunya dan pertama di dunia yang fokus pada fermentasi adonan kue. (int)
Infotaintmen 3382813356061015457
Beranda item

Translate

ADSENSE

Alexa Rank

Clicksor

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

ADNOW

loading...

Cithika

Chitika

Total Tayangan Halaman