Komplotan Begal di Tobasa Diringkus


Tobasa- Sebanyak 12 pelaku tindak kriminal diamankan bersama barang bukti. Barang bukti tersebut diantaranya satu buah truk, satu unit mobil minibus, satu unit sepedamotor, 3,4 kilogram emas, hanphone, dan uang tunai Rp11 juta.
Ke-12 pelaku diantaranya, satu perempuan dan sebelas laki-laki. Kedua belas pelaku kini ditahan di sel Mapolres Toba Samosir untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Kedua belas pelaku kriminal ini merupakan pelaku dengan kasus yang berbeda-beda. Sebagian besar pelaku merupakan warga dari  luar Toba Samosir.

Kapolres Alvianus Laoli, Sabtu (14/4) di halaman Polres Toba Samosir berhasil mengamankan dua belas pelaku kriminal yang ditangkap beberapa hari yang lalu. Diantaranya pelaku begal mobil truk. Dalam waktu 17 jam, Polres Toba Samosir berhasil menciduk lima orang pelaku begal dan satu penadah. polisi mengamankan mobil truk dan satu unit minibus yang digunakan pelaku untuk melakukan aksinya. Pelaku begal truk ini beraksi dengan modus berpura-pura menjadi penumpang.

Namun ditengah perjalanan, pelaku bersama komplotannya mengikat sang supir dan memindahkan si korban ke sebuah mobil minibus untuk membuangnya ditengah hutan. Pelaku lantas melarikan truknya ke arah Medan untuk dijual. Namun polisi berhasil membekuk begal hanya dalam tempo 17 jam. Pelaku kini ditahan dan dikenakan pasal 365 dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. Sedangkan sang supir berhasil selamat.

Pelaku kriminal lainnya seorang ibu rumah  tangga berinisial RS asal Porsea. RS  kini diamankan polisi beserta barang bukti emas dengan berat 3,4 kilo gram yang berasal dari enam korban. Total kerugian ke enam korban 1,7 milyar rupiah. Modus yang digunakan, pelaku berpura-pura menyewa sor tali emas dari enam korban. Sor tali atau ikat kepala yang terbuat dari emas biasanya dipergunakan untuk acara pesta adat pernikahan.

Namun pelaku menggadaikan barang tersebut ke pegadaian di beberapa tempat seperti parapat,siborong-borong dan porsea. Pelaku dikenakan pasal 378  dengan ancaman pidana maksimal sembilan tahun. Sementara satu orang pelaku berinisial BB masih dalam pencarian polisi. Polisi menghimbau agar masyarakat berhati-hati jika ingin meminjamkan sesuatu barang yang berharga.

Sementara dua orang pelaku pencurian juga ditahan polisi. Modus yang digunakan pelaku masuk dengan cara memecahkan kaca samping sebelah kanan supir. Namun pelaku yang sempat kabur ini berhasil ditangkap warga dan langsung menghakimi kedua pelaku hingga babak belur. (mtc/syaf/int)

Subscribe to receive free email updates: