Mencoba Berbagi Pengalaman Belajar Bermain Drum Secara Ringkas (bag 3)


Kuasai Cara Memegang Stick Drum

Sebelum Anda bermain drum, ada baiknya anda mempelajari cara memegang stick. Terdapat dua cara utama untuk memegang stick drum, yaitu matched grip dan pegangan tradisional.




Pada ‘”matched grip’”, Awalnya Anda memegang stick beberapa cm dari bagian bawah stick di antara jempol dan telunjuk Anda. Setelah itu, Anda pegang stik dengan sisa jari Anda. Ini adalah cara yang paling umum untuk memegang stick drum, membuat Anda dapat mengendalikan pergelangan tangan Anda dengan nyaman.

Sedangkan pada pegangan tradisional, Anda memegang stick drum dengan tangan Anda yang tidak dominan di antara jempol dan telunjuk Anda dan di atas jari manis Anda. Tutup jempol, telunjuk, dan jari tengah Anda di sekeliling stick. Pegang stick drum yang satu lagi dengan menggunakan matched grip. Beberapa pemain drum aliran jazz menggunakan pegangan tradisional untuk mengendalikan snare drum dengan cara yang berbeda. Memainkan dengan ritme yang rumit ketika mengiringi lagu.

Jika Anda tertarik dalam memainkan drum, risetlah peralatan drum yang baru dan lama sebelum Anda menghamburkan uang Anda untuk membeli peralatan drum. Berbicaralah dengan pegawai-pegawai di toko dan mereka akan dapat mengarahkan Anda dengan benar. Mulailah dengan membeli drum bekas sebelum Anda memutuskan apa yang akan Anda beli.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk bergabung di band sekolah agar Anda dapat menggunakan peralatan drum dan mempelajari bimbingan yang ada. Anda bahkan mungkin dapat menanyakan ketua ekskul band sekolah apakah Anda diperbolehkan untuk berlatih beberapa kali pada peralatan drum sekolah karena Anda tertarik pada drum. Pencinta musik biasanya adalah orang-orang yang ramah. Tidak ada salahnya bertanya.

Mintalah guru drum Anda atau pegawai di toko untuk mengajarkan cara memegang stick drum, bagaimana cara memukul drum dengan benar, bagaimana menyetem drum untuk mencocokkan dengan tinggi Anda, dan bagaimana memasang peralatan drum di rumah. Anda juga dapat mencari banyak informasi yang gratis di internet.


 Pelajari Cara Duduk di Belakang 
Drum dengan Postur Tubuh yang Benar

Postur yang benar akan membuat Anda lebih nyaman ketika berlatih dan juga membuat Anda mencapai drum lebih mudah. Anda akan terdengar lebih baik dan akan dapat lebih menikmati permainan Anda dengan membenarkan postur tubuh Anda.

Duduk tegap dan sedikit tundukkan kepala Anda. Dekatlah dengan peralatan drum, agar jarak Anda ke pedal kaki dapat pas.

Cobalah anda mainkan ketukan seperdelapan pada hi-hat, memukul snare drum pada ketukan 2 dan 4, dan menekan pedal bas drum dengan kaki Anda pada hitungan 1 dan 3. Pastikan Anda menghitung dengan keras ketika Anda bermain. Pada akhirnya, Anda tidak perlu melakukan itu. Namun, Anda perlu melakukannya ketika Anda baru belajar dan berlatih.

Variasikan pukulan Anda dan biasakan diri Anda dengan peralatan drum Anda. Pukul apa pun pada peralatan drum Anda selain snare pada hitungan “dua” dan “empat”.


Kembangkan alur Anda dan biasakan bermain dengan stabil ketika Anda menghitung dengan keras dan ketika Anda memainkan click track.


Subscribe to receive free email updates: