TASLABNEWS.com. Diberdayakan oleh Blogger.

BidVertiser

AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

Adsense

Loading...

Tolong 19 Rumah Warga di Madina Terbakar

TASLABNEWS, MADINA - Pasar Sinunukan di Desa Widodaren, Kecamatan Sinunukan, Mandailing Natal (Madina), membara pada Selasa (5/6) sekitar pukul 00.30 WIB. Belasan kios dan 19 rumah di sekitar pasar ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materi diperkirakan mencapai miliaran rupiah.
Kobaran api yang membakar 19 rumah warga di Madina.
Kobaran api yang membakar 19 rumah warga di Madina.




Belum diketahui peyebab kebakaran. Dugaan sementara karena korsleting listrik di salah satu rumah yang terbakar. Lalu merembet. Api baru berhasil dipadamkan setelah tiga jam lebih atau sekitar pukul 03.45 WIB.

Informasi diperoleh, pemilik 19 unit rumah terbakar tersebut; Sein Siregar, M Tahir, Yusda, Adek, Lannida Tambunan, Rinto, Nasib, Umak Tambat, Rahit, Daulat Pasaribu, Ucok Ibrahim, H Batam, Kak Butet, Marlis, H Ibrahim, Ngadiman, Hariono, dan rumah milik Heri.

Menurut Abdul Aziz (20), warga setempat yang melihat kejadian mengatakan, api awalnya bersumber dari salah satu kios yang berjualan jenis pecah belah.

"Saya tahu kejadiannya karena mendengar orang berteriak minta tolong dan menyebut kebakaran, seketika itu asap dan api mulai menyambar, lalu saya bantu dengan mengambil air dari rumah menggunakan ember. Saya juga membangunkan warga yang dekat dengan kejadian," ungkap Aziz.
Ia juga bercerita, selain berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, sebagian warga bekerja melempari dan menggedor rumah warga yang pemiliknya masih tidur pulas.

"Api begitu cepat menyambar. Warga masih banyak yang tidur. Di situlah kami bantu membangunkan warga, kami gedor, kami lempari rumahnya biar cepat bangun. Alhamdulillah tidak ada warga yang tersambar api, tetapi semua peralatan rumah tangga tak bisa diselamatkan," sebutnya.

Selama proses pemadaman itu, Aziz mengungkapkan bahwa armada pemadam kebakaran milik Pemda Mandailing Natal datang terlambat. Semua rumah nyaris ludes terbakar, armada baru tiba. "Bahkan ada lagi armada a yang tidak membawa air, masih sempat mencari air untuk isi tangki mereka," keluhnya.

Warga Sinunukan sangat berharap ke depan Pemkab Madina menambahkan jumlah armada pemadam kebakaran di wilayah Pantai Barat, apalagi jarak tempuh satu kecamatan ke kecamatan yang lain di sana sangat jauh.
Warga menyaksikan puing puing rumah yang terbakar.
Warga menyaksikan puing puing rumah yang terbakar.

Di samping berhasil menyelamatkan diri, korban pemilik rumah yang terbakar juga sebagian masih sempat menyelamatkan sejumlah pakaian dan benda berharga dari dalam rumah.

Saat ini, semua warga dari berbagai desa sudah mulai menurunkan bantuan terutama bantuan tenaga menolong korban kebakaran. Warga juga mulai turun jalan menggalang bantuan.

Kapolres Madina AKBP Irsan Sinuhaji SIK yang dihubungi Metro Tabagsel membenarkan kejadian kebakaran 19 unit rumah warga serta belasan unit kios di Pasar Sinunukan.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

"Alhamdulillah korban jiwa tidak ada, sementara korban materil anggota sedang melakukan pendataan di lapangan, jumlahnya sudah pasti besar," sebut Irsan.

Perwira menengah Polri itu mengaku turut prihatin atas kejadian yang menimpa masyarakat desa Widodaren itu, ia juga berpesan kepada masyarakat setempat supaya turut sama-sama membantu meringankan beban para korban yang rumah dan harta bendanya tidak dapat diselamatkan. (syaf/int)

Reaksi: 
TABAGSEL 4181477101942686746
Beranda item

ADSENSE

INFO LOWONGAN KERJA

Media Online www.taslabnews.com / PT TASLAB MEDIA PERS,

Membutuhkan wartawan/koresponden untuk wilayah
1. Kota Pematangsiantar/Simalungun,
2. Sibolga, Taput, Tapteng, Madina, Palas, Paluta,
3. Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Asahan, Batubara

4. Medan, Lubukpakam, Tebingtinggi


Persyaratan:
Minimal tamatan SMA sederajat.
Berkelakuan Baik


Bagi yang Berminat Hubungi:
1. Muhammad Yunus (Kabiro taslabnews.com) 0852 6258 4569
2. Salomo Malau (Direktur) 0812 6306 1350

Alexa Rank

Clicksor

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

ADNOW

loading...

Cithika

Chitika

Total Tayangan Halaman