TASLABNEWS.com. Diberdayakan oleh Blogger.
AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

BidVertiser

Loading...

Tim Kesenian Kota Tanjungbalai Ikuti Festival Tari Serampang XII se Nusantara ke-4

TASLABNEWS, TANJUNGBALAI - Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH dukung dan apresiasi pasangan penari Serampang Dua Belas (XII) binaan dari Dewan Kesenian Kota Tanjungbalai.

Walikota Tanjungbalai HM Syahrial saat menerima kunjungan dari Dewan Kesenian Kota Tanjungbalai di Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai, Kamis (2/8) malam.
Walikota Tanjungbalai HM Syahrial saat menerima kunjungan dari Dewan Kesenian Kota Tanjungbalai di Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai, Kamis (2/8) malam.

Dukungan dan apresiasi tersebut disampaikan Walikota saat menerima kunjungan dari Dewan Kesenian Kota Tanjungbalai bersama penari Serampang Dua Belas Kota Tanjungbalai di Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai, Kamis (2/8) malam.

Kunjungan dari Dewan Kesenian Kota Tanjungbalai ini terkait dengan akan berangkatnya penari Serampang Dua Belas Kota Tanjungbalai guna mengikuti Festival Tari Serampang Dua Belas se Nusantara ke-4 tahun 2018 yang dilaksanakan di Anjungan Sumatera Utara yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Festival Tari Serampang Dua Belas tersebut akan dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 4 s/d 5 Agustus 2018. 

Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH,MH mengaku, sangat bangga dan mendukung ikut sertanya Kota Tanjungbalai dalam Festival Tari Srampang Dua Belas se Nusantara ke-4 tahun 2018 tersebut. Walikota juga berpesan, agar para penari Serampang Dua Belas tersebut dapat menjaga nama baik Kota Tanjungbalai sekaligus dapat meraih prestasi yang terbaik.

"Saya berharap agar seluruh penari yang akan mengikuti Festival Tari Serampang Dua Belas dapat tampil dengan baik sekaligus juga dapat meraih prestasi yang terbaik dan mengharumkan nama Kota Tanjungbalai. Untuk itu, para penari harus menjaga kesehatan dan senantiasa mengikuti arahan dari pelatihnya", ujar Walikota H M Syahrial,SH,MH.

Pada kesempatan itu, Khuwalid Mingka, Ketua Dewan Kesenian Kota Tanjungbalai melaporkan, bahwa rombongan yang akan diberangkatakan untuk mengikuti FestivalTari Serampang Dua Belas tersebut ada sebanyak 9 orang. Rombongan tersebut terdiri dari penari sebanyak 3 (tiga) pasang atau enam orang didampingi oleh official sebanyak 3 (tiga) orang.

"Harapan kita , pada tahun 2018 ini akan dapat meraih prestasi yang lebih baik dari tahun 2017 lalu, dimana pada tahun 2017 lalu, penari Serampang Dua Belas Kota Tanjungbalai berhasil meraih predikat Terbaik 4 untuk pasangan muda mudi. Namun demikian, yang lebih penting adalah bagaimana melalui event ini kita tularkan semangat untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional kepada generasi muda", ujar Khuwalid Mingka.

Seperti diketahui, Tari Serampang Dua Belas adalah Tari Melayu yang digubah oleh Sauti, seorang maestro tari Melayu modern yang berasal dari Perbaungan (Serdang Bedagei). Tari Serampang Dua Belas ini diramu dari berbagai ragam gerak dan musik seperti Spanyol, Portugis, Persia dan sebagainya dengan berbasis khazanah adat, seni budaya dan perikehidupan keseharian masyarakat Melayu di kawasan Deli dan Serdang.

Tari Serampang Dua Belas ini pertama kali dipentaskan pada tahun 1938 di Medan. Dan setelah Proklamasi, oleh Presiden Soekarno, Tari Serampang Dua Belas ini ditampilkan di Istana Negara dan Istana Bogor. Dan pada tahun 2017 dan 2018 ini, Tari Serampang Dua Belas di sayembarakan oleh Anjungan Sumatera Utara yang berkedudukan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta dan akan diikuti oleh semua Kabupaten dan Kota se Sumatera Utara serta Sanggar Tari di Jabodetabek, Pekanbaru, Kepulauan Meranti,Siak,Lingga, Palembang, Bengkulu, Bandung, Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya. (ign/syaf)





Tanjungbalai 737745036992871894
Beranda item

Translate

ADSENSE

Alexa Rank

Clicksor

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

SOLUSI ATASI ASAM LAMBUNG ANDA HUBUNGI 0812 6173 9320

ADNOW

loading...

Cithika

Chitika

Total Tayangan Halaman