Gara-gara Hidup Miskin Alami Ganguan Jiwa, Ibu 11 Anak Ini Bakar Rumah Sendiri


Sibolga-Petugas Satpol PP kota Sibolga mengamankan sepasang suami istri yang mengalami gangguan kejiwaan akibat faktor ekonomi. Fosifat Gea ibu 11 anak ini dan suaminya Gajama Harefa membakar rumahnya sendiri menggunakan minyak tanah. Kejadian di atas perbukitan Simaremare, Minggu (9/4).

Informasi diperoleh, Fosifat Gea merupakan warga Jalan Sakura, Lingkungan II, Kelurahan Simaremare, Kecamatan Sibolga Utara, Sibolga. Karena stres berat, setelah membakar rumahnya, Fosifat Gea dan suaminya Gajama Harefa akhirnya di bawa ke Mako Satpol PP Kota Sibolga di Kompleks Perkantoran Walikota Sibolga.

Fosifat Gea yang diperkirakan bisa membuat keributan, akhirnya dibawa  ke RSUD Sibolga untuk menjalani pemeriksaan kesehatan jiwa, Senin (10/4).

"Setelah tadi di periksa oleh dokter, yang bersangkutan dinyatakan mengalami gangguan jiwa dan harus dibawa berobat ke rumah sakit jiwa di Medan. Karena Fosifat tidak memiliki kartu BPJS, maka Satpol PP mengambil tindakan dan mengamankannya di kantor Pol PP Sibolga," ungkap lurah Simaremare Zubaidah Silitonga.

Zubaidah menerangkan bahwa dia dirinya bertanggung jawab kepada seluruh masyarakatnya, apalagi bagi mereka yang mengalami gangguan jiwa. Zubaidah mengaku, akan berkordinasi dengan dinas Sosial terkait kelanjutan pengobatan ibu 11 anak tersebut.
"Kita sangat prihatin dengan kondisi mereka, sepasang suami istri ini masuk kategori keluarga miskin, mereka mempunyai 11 anak. Sementara mereka hanya bekerja sebagai pemulung.
Sementara itu Kasatpol PP Kota Sibolga Singkat Sijabat menjelaskan, sepasang keluarga tersebut diamankan karena dikhawatirkan istri dari Gajama Harefa mengamuk kembali.
"Demi menjaga kemanan, kami membawa yang bersangkutan untuk penanganan sementara, sebelum dibawa ke Medan untuk berobat," ucap Singkat.

Gajama Herefa selaku ayah dari 11 anak ini mengaku, bahwa istrinya sudah mengalami gangguan jiwa sebulan yang lalu.

"Sebelum membakar, istriku meminta rokok, dan tiba-tiba istriku mengamuk serta langsung membakar wajah anaknya dengan puntung rokok, kemudian saya tarik anak saya, lalu seketika itu ia bakar rumah kami," punkas Gajama. (mtc/syaf/int)