Pengakuan Penumpang Bus Asahan Raya yang Terbalik Setelah Ditabrak Truk, Kupikir Kami Semua Mati


ASAHAN-Penumpang bus Asahan Raya BK 1751 VI yang mengalami musibah kecelakaan lalu-lintas di Jalinsum Asahan-Rantauprapat menjerit histeris. Bus yang mereka tumpangi terbalik setelah dihantam truk Colt Diesel BM 8164 BL, Jumat (28/4) di KM. 176 - 177  Desa Perkebunan Suka Raja, Kecamatan Simpang Empat, Asahan. Akibat insiden ini 11 penumpang mengalami luka-luka.


Warga berkerumun di lokasi bus Asahan Raya yang terbalik s
etelah ditabrak dari belakang oleh truk pengangkut sawit. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, hanya saja 11 penumpang luka-luka.



Informasi diperoleh, kecelakaan ini bermula Bus CV Asahan Raya yang dikemudikan Syaiful Bahri (26) warga Jalan Jeruk, Kelurahan Sentang, Kecamatan Kisaran Timur, Asahan berhenti untuk menurunkan penumpang.

Entah bagaimana bus tersebut ditabrak truk pengangkut sawit yang dikemudikan Ramayana Nata (30) warga Dusun XIII, Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat dari belakang.

"Kronologis kejadiannya, semula truk BM 8164 BL yang dikemudikan Ramayana Nata datang dari arah Medan menuju arah Rantauprapat. Sesampainya di tempat kejadian, diduga supir kurang hati-hati dan tidak konsentrasi serta tidak memperhatikan bus CV Asahan Raya dikemudikan Syaiful Bahri. Akibatnya tabrakan terjadi dan 11 penumpang bus mengalami luka-luka,” terang Kasat Lantas AKP Muhammad Rikki Ramadhan SIK melalui Kanit Laka Lantas Iptu Marojaan Butar Butar, Jumat (28/4).

Lebih lanjut dijelaskan Kanit Laka Lantas, posisi bus sedang berhenti untuk menurunkan penumpang. Tiba-tiba bus ditabrak dari belakang.

"Kami melakukan tindakan pengamanan di TKP dan membawa korban ke klinik Esthomihi Simpang Kawat dan Klinik Azmy Hessa Air Genting. Kami juga telah mengamankan kedua kenderaan sebagai barang bukti," kata Marojaan.

Sementara penumpang bus yang mengaku bernama Sutrisno mengaku tidak mengetahui secara pasti bagaimana bus yang ditumpanginya bisa ditabrak. Sepengetahuannya, saat supir berhentik untuk menurunkan penumpang, tiba-tiba bus yang ditumpanginya ditabrak truk dari belakang.

“Tiba-tiba kejadiannya. Saat itu supir bus yang kami tumpangi berhenti mau menurunkan penumpang, tapi langsung ditabrak truk dari belakang. Akibatnya bus yang kami naiki terpental dan terbalik. Kalau melihat kondisi bus yang kami tumpangi, kupikir kami para penumpangnya mati semua,” ucapnya sambil meringis kesakitan menahan sakit akibat luka yang dideritanya. (syaf/int)





Tabel Nama Penumpang Bus Asahan Raya yang Terluka
1. Mahlian (51) Dusun II, Desa Pulau Maria, Kecamatan Teluk Dalam, Asahan
2. Nuraini (45) Dusun I, Desa Sei Alim Ulu, Kecamatan Air Batu, Asahan
3. Sutrisno (50) warga Desa Urung Pane, Kecamatan Setia Janji, Asahan
4. Endang Jumiati (47) warga Dusun I,  Desa Sei Alim Ulu Air Batu, Asahan
5. Nurbayiti (53) warga Dusun V, Desa Air Teluk Hessa, Kecamatan Air Batu, Asahan
6. Tuti Hermawati (51) warga Dusun II Desa Sei Alim Ulu, Kecamatan Air Batu, Asahan
7. Maya Seli (13) warga Dusun IV, Desa Hessa Perlompongan, Kecamatan Air Batu
8. Wina Maulira (12) warga Dusun IV, Desa Hessa Perlompongan, Kecamatan Air Batu, Asahan
9. Rostiana Panjaitan (31) warga Dusun II, Desa Air Teluk Kiri, Kecamatan Air Batu
10. Khaira Sabil (7) warga Dusun II, Desa Air Teluk Kiri, Kecamatan Batu, Asahan
11. Irmayani Sihombing  (27) warga Dusun II Desa Air Teluk Kiri Kecamatan Air Batu, Asahan.