18 Tahanan Polres Binjai Kabur, Polres Asahan Gelar Razia


Asahan- Polres Asahan melakukan pemeriksaan terhadap penumpang kendaraan umum maupun pribadi serta kendaraan angkutan barang yang melintasi wilayah hukum Polres Asahan, Minggu (14/5) dini hari.

Personel Polres Asahan saat melakukan pemeriksaan.


Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencari tahan yang kabur dari Sat Narkoba Polres Binjai. Di mana 18 tahanan berhasil kabur dari sel tahanan dengan menjebol dinding sel tahanan tersebut.

Keterangan Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga SIK MSi kepada awak media mengatakan, dengan kaburnya 18 orang tahanan narkoba dari sel tahanan Polres Binjai, dan dengan adanya perintah Polda Sumut untuk dilakukan gelar razia kendaraan yang melewati wilayah hukum masing-masing Polres, guna untuk mengantisipasi serta menangkap kembali tahanan yang kabur tersebut manakala melintasi wilayah polres.
Kaburnya 18 orang tahanan narkoba dari sel tahanan tersebut diketahui, Sabtu (13/05) sekitar pukul 20.00 wib, dimana tahanan yang masih berada di dalam sel tersebut berteriak kepada petugas yang berada di Polres Binjei dan setelah dilakukan pemeriksaan di dalam sel tahanan diketahui pada dinding ruang tahanan sudah dilobangi dan jebol. Di duga tahanan yang melarikan diri tersebut membuat lobang pada dinding serta menjebol ruang tahanan tersebut dengan menggunakan jerejak besi jendela yang ada di tahanan itu.

Tahanan yang kabur sebanyak 18 orang dan yang masih tertinggal di dalam sel tidak turut melarikan diri sebanyak 17 orang, saat ini sudah dipindahkan keruang tahanan lainnya, seluruh jajaran Kepolisian di Wilkum Polda Sumatera Utara kini terus memburu ke delapan belas tahanan yang kabur tersebut, ujarnya.
 
Kobul Syahrin Ritonga juga mengatakan dari gelar razia kendaraan yang melintasi wilkum Polres Asahan, didapati dua orang yang mirip dengan tersangka tahanan yang melarikan diri dari sel tahanan narkoba Polres Binjei, sehingga terhadap kedua orang ini masih dilakluan pemeriksaan secara seksama, dan manakala terhadap dua orang tersebut tidak terbukti sebagai tahana yang kabur, kami akan segera membebaskannya, namun bila ianya terbukti merupakan tahanan yang melarian diri, maka kami kan mengirimkan tahanan tersebut ke Polres Binjai.

Kedua orang yang mirip dengan tersangka tahanan yang melarikan diri dari sel tahanan narkoba Polres Binjei tersebut diantaranya bernama Timbul Simbolon dan Dodi Syahputra, ungkapnya. (mc/syaf/int)



Tabel Nama Tahanan yang Kabur
1. Sukarno alias Karno
2. Rizki Prayudha Pranata alias Yudha
3. April Ramadani alias April
4. Deni Syahputra alias Deni
5. Bocu Kenap alias Bocu
6. Ade Irawan alias Bram
7. Feri Anwar
8. Bambang Syahputra
9. Alfan Ramadan alias Dedek
10. Radit Ananda Ginting
11. Sehat Ginting alias Keling
12. Ade Irawan
13. Syaifuddin
14. Devi Piliang alias Debrik
15. Hendri Pardamean alias Jongur
16. Erwin.

Subscribe to receive free email updates: