60 Napi Tanjung Gusta Dipindah ke Lapas Siantar


Medan- Sebanyak 60 narapidana (napi) Rutan Klas I Tanjung Gusta Medan dipindahkan ke Lapas Klas II Pematangsiantar. Pemindahan napi tersebut dilakukan Selasa (16/5). Tujuan pemindahan napi itu untuk mengurangi overkapasitas.

Napi Tanjung Gusta.


Kepada wartawan, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka KPR) Klas I Tanjung Gusta Medan, Nimrot Sihotang, Rabu (17/5) mengatakan pemindahan dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan sesama wargabinaan, mengingatkan jumlah napi terus bertambah setiap harinya.

"Sesuai data kita ada 60 napi kasus kriminal umum (krimum) yang kita pindahkan ke Lapas Klas II Pematangsiantar dalam rangka antisipasi penitipan tahanan oleh Polri dan memberikan kenyamanan untuk menyambut bulan puasa," katanya.

Nimrot menjelaskan, pemindahan napi itu sesuai dengan arahan dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) RI. .

"Selain itu, juga semakin sedikit wargabinaan semakin kecil kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban," jelasnya.

Nimrot menambahkan, sebelumnya Rutan Klas I Tanjung Gusta telah memindahkan sebanyak 90 napi yang terjerat kasus Tipikor, narkoba dan krimum pada Jumat (12/5).
Sebanyak 30 napi dipndahkan ke Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan, 30 napi dipindahkan ke Lapas Klas II B Tebing Tinggi dan 30 napi lagi dipindahkan ke Rutan Klas II B Humbahas.


Saat ini, kata Nimrot, Rutan Klas I Tanjung Gusta Medan dihuni tahanan dan napi sebanyak 3.778 orang. Padahal, lanjutnya, Rutan tersebut berkapasitas 1.281 orang. (syaf)

Subscribe to receive free email updates: