TASLABNEWS.com. Diberdayakan oleh Blogger.
AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

BidVertiser

Loading...

Mau Diselundupkan ke Malaysia, Ratusan Belangkas Diamankan di Teluk Nibung Tanjungbalai

TASLABNEWS, TANJUNGBALAI- Ratusan satwa yang dilindungi jenis belangkas (ketam) yang mau diselundupkan ke Malaysia diamankan dari Teluk Nibung Tanjungbalai, Jumat (22/2).

Tim gabungan menunjukkan blangkas yang hendak diselundupkan.
Tim gabungan menunjukkan blangkas yang hendak diselundupkan.

Informasi diperoleh, ratusan belangkas dibawa oleh kapal yang sedang tambat di Tangkahan Sri Muara, tepatnya di sebuah gudang Jalan Garuda, Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung.

Penangkapan itu dilakukan petugas Unit Pelayanan Terpadu Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Tanjungbalai-Asahan (UPT BKIPM TBA bekerjasama dengan Dit Polairud Polda Sumut dan PSDKP TBA.


Kepala UPT BKIPM TBA Sondang Sitorus SSi MSi didampingi Kasat Polair Polres Tanjungbalai AKP Agung Basuni SH SIK dan Kepala PSDKP TBA Denggan Sagala SPi mengatakan, tim gabungan melihat sebuah kapal yang mencurigakan.

Petugas gabungan yang patroli dengan menggunakan Kapal Patroli PSDKP dengan nomor lambung Dolphin 014 dan Kapal Patroli Kp ll dengan nomor labung 2004 dipimpin Bripka H Ngatno SH, serta Kp ll 2022 dipimpin Bripka Rudi petuga BKO Dit Polairud Polda Sumut lalu mendekati kapal tersebut.

Saat dilakukan pengecekan terhadap kapal bertonase 10 ton, bermesin dompleng tersebut, ditemukan 8 fiber berisi satwa diantaranya belangkas, tapal kuda dan mimi sebanyak 811 dengan rincian 573 ekor sudah mati dan 238 ekor masih hidup.

Ia menambahkan, karena kapal sedang tertambat, sehingga objek tidak ada dinilai salah, namun ratusan satwa yang dilindungi tersebut harus disita.

 “Yang hidup akan dilepas agar berkembang biak,” pungkas Sondang didampingi Denggan Sagala.

Sementara Kasat Polair Polres Tanjungbalai AKP Agung Basuni SH SIK menegaskan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap pemilik kapal dan pelaku penyelundupan. (Ign/Syaf)
Reaksi: 
Tanjungbalai 1099094467169723301

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item