TASLABNEWS.com. Diberdayakan oleh Blogger.
AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

BidVertiser

Loading...

Tanjungbalai Gelar Lomba Kelurahan Terbaik

TASLABNEWS, TANJUNGBALAI - Dari 31 kelurahan se Kota Tanjungbalai, 6 kelurahan ikuti lomba Kelurahan Terbaik Tahun 2019.

Kepala Bagian Pemerintah Pahala Zulfikar,S.STP,M.Si saat menyampaikan laporannya dalam acara perlombaan kelurahan terbaik se Kota Tanjungbalai, Rabu (10/4)
Kepala Bagian Pemerintah Pahala Zulfikar menyampaikan laporannya dalam acara perlombaan kelurahan terbaik se Kota Tanjungbalai, Rabu (10/4)

Keenam kelurahan itu akan mewakili Kota Tanjungbalai dalam lomba kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019. 

Perlombaan kelurahan terbaik se Kota Tanjungbalai tersebut, secara resmi dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai Hj Halmayanti SH di Aula I Kantor Walikota Tanjungbalai, Rabu (10/4).


Dalam sambutannya Halmayanti mengatakan, Pemko Tanjungbalai sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan lomba kelurahan yang juga telah menjadi agenda Nasional terebut. 

Katanya, kegiatan tersebut juga sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negrri (Permendagri) Nomor : 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Kelurahan.

“Lomba kelurahan adalah juga sebagai evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan penyelenggaraan pemerintahan di kelurahan, kewilayahan dan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah. Untuk itu, seluruh Lurah dan perangkat kelurahan harus betul-betul serius mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perlombaan kelurahan terbaik," ujarnya.

Sebelumnya, Kabag Pemerintahan dan Otda Pahala Zulfikar melaporkan bahwa lomba kelurahan terbaik se diikuti kelurahan Perwira, Kelurahan Sijambi, Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kelurahan Sumber Sari, Kelurahan Pematang Pasir dan Kelurahan Sejahtera. 

Keenam kelurahan tersebut merupakan kelurahan terbaik dalam lomba di tingkat kecamatan se Kota Tanjungbalai.

Masih menurut Pahala Zulfikar, nantinya juara pertama kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungbalai akan mewakili Kota Tanjungbalai untuk mengikuti Perlombaan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2019 mendatang.

“Melalui pelaksanaan kegiatan lomba ini, bertujuan untuk melakukan evaluasi dalam upaya mewujudkan kelurahan sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat sehingga harus didukung dengan adanya sinergitas antara aparatur kelurahan, TP-PKK Kelurahan, LPM Kelurahan dan Kepala Lingkungan. Evaluasinya meliputi bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan," ujar Pahala Zulfikar. 

Kepala Bagian Pemerintahan ini juga mengungkapkan, bahwa tahapan penilaian lomba kelurahan terbaik tersebut meliputi penilaian administratif, rapat pleno penilaian adminsitratif, klarifikasi lapangan, rapat pleno hasil klarifikasi lapangan, pemaparan calon juara dan penetapan juara. Dan khusus evaluasi bidang pemerintahan akan meliputi apek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, pemanfataan teknologi, dan pelestarian adat dan budaya.

Untuk bidang kewilayahan meliputi identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana dan pengaturan investasi. 

Sementara evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanana dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Hadir juga dalam acara tersebut Asisten I Pemerintahan Nurmalini Marpaung, pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan se Kota Tanjungbalai. (ign/Syaf)

 
Tanjungbalai 637761364896705183

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Translate

OK Choii

PropellerAds

ADNOW

loading...

Cithika

Chitika

Total Tayangan Halaman

OK Choiii

PropellerAds