TASLABNEWS.com. Diberdayakan oleh Blogger.
AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215AYO PASANG IKLAN ANDA DI SINI, Hubungi 0812 6062 3215

BidVertiser

Loading...

Wagubsu Ijeck Buka Rapat Kerja Sosialisasi Samsat Online Nasional

TASLABNEWS, Rapat Kerja Terpadu Tim Pembina Samsat Provinsi Sumut dan Sosialisasi Samsat Online Nasional di Hotel Aryaduta Medan, Jumat (3/5/2019) dibuka Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah.

Wagubsu Musa Rajeckshah.
Wagubsu Musa Rajeckshah.

Dalam rapat tersebut Wagub yang akrab dipanggil Ijeck ini menekankan pentingnya sinergi antara Pemerintah Provinsi Sumut dengan Polri, Jasa Raharja dan pihak bank terkait, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor.

BACA BERITA LAINNYA:
Jelang Rammadhan Berbuat Mesum, 7 Pasangan Diangkut Satpol PP Batubaral

Petik Kueni, 7 Warga Tapsel Disambar Petir, 1 Orang Tewas
 
Banjir Bandang di Samosir, 4 Rumah Terseret, 1 Warga Luka-luka 1 Hilang

"Pendapatan dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor merupakan porsi yang dominan sekitar 50 persen sampai 60 persen dari total PAD. Oleh karena itu upaya-upaya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor ini mau tidak mau harus terus ditingkatkan, untuk itu perlu adanya sinergi dan persamaan persepsi antara pihak terkait," ujar Wagub.

Tanpa mengabaikan keberlangsungan sentra-sentra pelayanan yang telah disediakan selama ini,  Samsat Online diharapkan agar benar-benar dirasakan oleb masyarakat.

"Kehadiran Samsat sebagai sarana dalam menjalankan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor, ucapnya.

 "Ini adalah inovasi yang baik, sehingga masyarakat dari daerah mana pun, dan kapan pun sudah bisa membayar pajak langsung, sehingga pelayanan yang dekat dan berkualitas pun dapat diwujudkan. Dengan cara sistem online pasti banyak yang diuntungkan, bagaimana masyarakat bisa lebih sadar untuk membayar pajak," ujarnya.

Kedepannya, Wagub juga akan memikirkan upaya yang perlu dibuat oleh Pemprov untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar membayar pajak.

"Akan coba saya pikirkan bagaimana upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak, mulai dari pemberian reward bagi yang bayar tepat waktu, hingga punishment bagi yang membayar telat, di luar negeri semua itu jelas sehingga masyarakatnya berpikir dua kali untuk tidak membayar pajak," tambahnya.

Sebelumnya, Kombes Pol Sugeng Sunaryadi yang mewakili Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian RI memuji kepedulian Wagub Musa Rajekshah akan keberlangsungan Samsat Online.

 "Ada lima daerah yang sudah saya datangi untuk mensosialisasikan Samsat Online ini, tapi baru di Sumatera Utara saya disambut oleh wakil gubernur, terima kasih untuk kepedulian bapak," puji Sugeng.

Dalam rapat koordinasi tersebut turut berhadir Dirlantas Poldasu Kombes Pol Yuli Kurniawan, Kepala Jasa Raharja Cabang Sumut Ifriyantono, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provsu Sarmadan Hasibuan  dan Direktur Pemasaran Bank Sumut Abdi Santosa Ritonga.

Untuk diketahui, sebelumnya bertepatan pada perayaan HUT Provinsi Sumatera Utara ke 71 Tahun, di launching Samsat Online Nasional (Samolnas).

Di hadapan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Tim Pembina Samsat yang terdiri dari Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumut, Dirlantas Poldasu dan Jasa Raharja, beserta Bank Sumut dan Dukcapil Sumut menandatangani MoU kerja sama implementasi Samolnas di Sumatera Utara.

Samolnas merupakan aplikasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui smartphone, sehingga wajib pajak dimudahkan dengan membayar PKB bisa dimana saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir jatuh tempo. Selain itu penerapan Samolnas akan memangkas Birokrasi yang ada sehingga lebih cepat, transparan dan akuntabel. (ril/syaf)
Reaksi: 
SUMUT 6636291313833741425

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item